visitaaponce.com

146 Tersangka Teroris Ditangkap Sepanjang 2023

146 Tersangka Teroris Ditangkap Sepanjang 2023
Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo dalam rilis akhir tahun(Medcom/Siti Yona Hukmana)

KAPOLRI Jenderal Listyo Sigit Prabowo menyebut ada 146 tersangka teroris ditangkap Tim Detasemen Khusus (Densus) 88 Antiteror sepanjang 2023. Hal itu disampaikan Kapolri dalam Rilis Akhir Tahun (RAT).

"Polri mengedepankan langkah preventif stright, preventif straight kami lakukan untuk meniadakan serangan teror sepanjang tahun 2023 dan berhasil menangkap 146 orang tersangka," kata Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo dalam paparan RAT di Rupatama Mabes Polri, Jakarta Selatan, Rabu, 27 Desember 2023.

Kapolri menyebut empat tersangka di antaranya dilakukan penegakkan hukum oleh Operasi Madago Raya 2023. Menurut mantan Kabareskrim Polri itu, Satgas Madago Raya hingga kini masih terus beroperasi meski para teroris jaringan Mujahidin Indonesia Timur (MIT) sudah tidak ada.

Baca juga: Bagaimana Transformasi Putri Ayudya Jadi Agen Kontra Terorisme di Film 13 Bom Di Jakarta?

"Meskipun kelompok MIT sudah berhasil ditumpas, namun operasi terus dilakukan untuk pemulihan keamanan," ujar Kapolri.

Di samping itu, Kapolri mencatat ada ribuan mantan pelaku teroris dideradikalisasi sepanjang 2023. Deradikalisasi itu dilakukan agar mantan narapidana terorisme (napiter) terbebas dari ideologi menyimpang.

Baca juga: 3 Tersangka Teroris Ditangkap di Banten, Densus: Kelompok NII Tangerang Raya

"Terdapat 4.892 napiter dan keluarganya yang berhasil dilakukan deradikalisasi yang di mana 256 orang di antaranya saat ini berstatus hijau dan bersedia melepas baiat untuk setia kepada NKRI," ucap eks Kapolda Banten itu. (Z-10)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Gana Buana

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat