visitaaponce.com

Dinamika Elektabilitas Paslon Ketat, Pilpres Diprediksi Berlangsung 2 Putaran

Dinamika Elektabilitas Paslon Ketat, Pilpres Diprediksi Berlangsung 2 Putaran
Tiga Capres saat mengikuti debat capres yang digelar KPU(MI/Usman Iskandar)

DIREKTUR Eksekutif Institute for Democracy and Strategic Affairs (Indostrategic) Ahmad Khoirul Umam mengatakan, sejauh ini belum ada koalisi capres-cawapres yang bisa mendominasi perolehan suara. Hasil rilis survei dari sejumlah lembaga survei justru menunjukkan tingkat kompetitif yang ketat diantara 3 paslon.

"Hingga saat ini, dari sejumlah survei itu kita lihat belum ada paslon yang benar-benar mendominasi. Sehingga prediksi Pilpres 2024 itu berlangsung dua putaran sangat mungkin terjadi," ujarnya kepada Media Indonesia, Rabu (27/12).

Dari hasil survei CSIS dan Polling Institute terakhir, paslon Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar mulai menjauhi Ganjar Pranowo-Mahfud MD dan mendekati Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka. Khoirul menilai hal itu juga mengkonfirmasi hasil survei Litbang Kompas beberapa waktu lalu.

Baca juga : Cak Imin Hadiri Peresmian Markas Kami Bersama 10 Ponpes Banten

Menurutnya, elektabilitas Amin meningkat lantaran konsolidasi 3 parpol pendukung yang cukup kuat dan juga penampilan capres Anies Baswedan yang impresif pada debat capres. Di sisi lain, kubu Ganjar-Mahfud justru menunjukkan lemahnya konsolidasi di antara parpol pendukung dan adanya migrasi pemilih dari paslon 03 ke 01.

"Parpol pendukung Ganjar-Mahfud tidak solid. Di beberapa daerah mereka justru kelihatan lebih mementingkan suara partai," imbuhnya.

Baca juga : Survei CSIS Amin Lampaui Ganjar-Mahfud, ini Respons Timnas

Meski demikian, lanjut Khoirul, agar Pilpres bisa berlangsung dua putaran, dibutuhkan tingkat kompetitif yang ketat di antara ketiga paslon. Kubu Ganjar-Mahfud meskipun mengalami elektabilitas yang terus turun, diharapkan tidak begitu signifikan. Sebab, bila terjadi penurunan elektabilitas yang signifikan maka akan menguntungkan paslon Prabowo-Gibran.

"Kalau mau Pilpres bisa berlangsung dua putaran, tentu tingkat kompetitif 3 paslon ini jangan terlalu jauh. Karena kalau paslon 03 suaranya turun signifikan, jelas akan migrasi ke 01," kata dia. (Z-5)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Ghani Nurcahyadi

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat