visitaaponce.com

Surat Suara Simulasi Pilpres Hanya Gambar 2 Paslon, Benarkah Human Error

Surat Suara Simulasi Pilpres Hanya Gambar 2 Paslon, Benarkah Human Error?
Surat suara simulasi Pilpres 2024 hanya memuat dua gambar paslon(Antara)

KOMISI Pemilihan Umum (KPU) RI angkat bicara terkait kontroversi mengenai surat suara pemilihan presiden-wakil presiden yang hanya memuat dua gambar pasangan calon saja dalam simulasi. Anggota KPU RI Idham Holik mengatakan kejadian tersebut murni ketidaksengajaan.

"Terkait hal tersebut itu terjadi human error yang tidak disengaja, tidak ada motif lainnya kecuali memang kehilapan yang terjadi," ujar Idham saat dikonfirmasi, Rabu (3/1).

Setelah mengetahui kejadian tersebut, Idham mengatakan pihaknya langsung memerintahkan jajarannya di daerah untuk menghentikan kegiatan simulasi dengan menggunakan dummy surat suara yang hanya memuat dua pasangan calon.

Baca juga: Usai Diperiksa Bawaslu, Gibran Bersikeras Tak Melanggar Kampanye di Kawasan CFD

"Dan meminta kepada KPU daerah untuk menggunakan dan di surat suara dengan minimal tiga pasang calon atau lebih," jelasnya.

Atas kejadian itu, Idham meminta KPU di daerah yang telah melakukan simulasi dengan surat suara dua pasangan calon untuk menggelar simulasi ulang. Simulasi ulang itu dilakukan dengan surat suara yang memuat gambar minimal tiga pasang calon.

Baca juga: 255 Lembar Surat Suara DPD di Bangka Ditemukan Rusak

Terpisah, Ketua KPU RI Rahmat Bagja mengakui pihaknya telah menerima informasi soal surat suara simulasi bergambar dua pasangan calon dari jajarannya di provinsi. Ia menyebut hal itu dapat menjadi temuan Bawaslu jika unsur-unsurnya terpenuhi.

"Kami sedang telusuri. Hal ini bisa berpotensi membuat permasalahan etis dan administratif," kata Bagja.

Menurut Bagja, seharusnya surat suara simulasi pilpres yang disediakan KPU sesuai dengan jumlah peserta pemilu. Pilpres 2024 diketahui diikuti oleh Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka, dan Ganjar Pranowo-Mahfud Md. (Z-10)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Gana Buana

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat