visitaaponce.com

Relawan Ganjar Ajak Masyarakat Pantau Proses Pemilu

Relawan Ganjar Ajak Masyarakat Pantau Proses Pemilu
Diskusi Penerapan Asas Jurdil dan Luber dalam Pemilihan Umum(Ist)

KETUA Umum Bara Gama, Samuel F Silaen meminta seluruh pihak menjunjung tinggi penerapan asas luber dan jurdil dalam perhelatan pesta demokrasi di negeri ini.

Hal itu bisa terealisasi ketika publik ikut berpartisipasi dengan memberikan hak pilihnya serta melakukan kontrol sosial di setiap proses pemilihan.

"Untuk surat suara ketika pemilihan berlangsung, (masyarakat) harus memastikan surat itu tidak cacat," kata Samuel saat diskusi Penerapan Asas Jurdil dan Luber dalam Pemilihan Umum, di Jakarta, Rabu (3/1).

Kegiatan yang digelar oleh Relawan Elemen Garda Nasional, itu bertujuan untuk memberikan pemahamam terhadap masyarakat umum, khususnya para pendukung capres-cawapres nomor urut 3, Ganjar Pranowo-Mahfud MD.

Dia mengatakan, dalam proses pemilu tidak menutup kemungkinan adanya bentuk kecurangan dan intimidasi di berbagai daerah. "Pemilu tahun ini banyak adanya hujatan, saling menindas dan mengintimidasi."

Oleh karena itu, imbuhnya, masyarakat diharapkan bisa menjadi mata dan telinga untuk memantau proses pemilu. "Dianjurkan untuk merekam atau mendokumentasikan supaya terwujud motivasi untuk menetapkan pemilihan calon presiden. Semuanya bisa hadir sehingga kekosongan suara tidak dimanfaatkan oleh pihak lain," kata dia.

Di tempat yang sama, praktisi hukum Joel Simanjuntak menuturkan setiap masyarakat yang memenuhi syarat untuk memilih dalam pemilu nanti wajib diberikan haknya.

Menurut Joel, jika ada pihak yang menghalangi maka dapat dikategorikan sebagai pelanggaran pemilu. "Apabila ada orang yang menghalangi peserta untuk memilih karena kehilangan KTP tetapi usia sudah 17 tahun dan sudah terdaftar maka itu bisa dikatakan tidak adil dan termasuk pelanggaran," tukasnya.

Selain itu, terang dia, para pemilih harus terlebih dahulu memastikan pencoblosan di TPS dilakukan dengan benar agar suara yang dimiliki tidak hilang. "Apapun yang terjadi dalam pemilihan nanti harus saling berperan jangan sampai ada kecurangan," tandasnya. (J-2)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Eksa

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat