visitaaponce.com

Elektabilitas Capres-Cawapres di Survei Masih Fluktuatif

Elektabilitas Capres-Cawapres di Survei Masih Fluktuatif
Pengamat komunikasi politik Hendri Satrio(Medcom/Theofilus Ifan Sucipto)

ELEKTABILITAS calon presiden dan calon wakil presiden di survei disebut masih bisa berubah. Masih ada cukup waktu dan kesempatan bagi setiap kubu untuk menggenjot keterpilihannya.

“Masih fluktuatif dan masyarakat masih akan disuguhkan pada situasi-situasi saat mereka (capres-cawapres) debat,” kata pengamat komunikasi politik Hendri Satrio di Amaris Hotel, Jakarta Pusat, Kamis, 4 Januari 2023.

Hendri mengatakan momentum politik sangat menentukan naik-turunnya elektabilitas setiap pasangan. Mereka harus memutar otak dalam merebut hati masyarakat.

Baca juga: Timnas Anies-Muhaimin Dorong Penjatuhan Konsekuensi terhadap Gibran

“Kemarin Jokowi menang dua kali karena momentum dia ada kebaruan,” papar dia.

Hendri menjelaskan presiden-presiden sebelumnya berasal dari kalangan elite. Tetiba Jokowi muncul dan mempersepsikan dirinya sosok yang sederhana.

Baca juga: Cak Imin Optimis Bisa Raup Suara 50 Persen di Jabar

“Kali ini berubah. Rakyat mau memilih elite seperti Prabowo, yang cerdas seperti Anies, atau merakyat seperti Ganjar, ya silakan saja,” ujar dia.

Yang jelas, kata Hendri, masyarakat Indonesia sudah semakin cerdas dan kritis. Salah satu buktinya, yakni kesadaran bahwa calon wakil presiden nomor urut 2 Gibran Rakabuming Raka masuk kontestasi secara problematik.

“Anak presiden dimasukkan melalui proses yang menurut MKMK (Majelis Kehormatan Mahkamah Konstitusi) pelanggaran etika berat. Masyarakat paham dan ini penting,” jelas dia. (Medcom/Z-7)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat