visitaaponce.com

Ingin Bangun 40 Kota Seperti Jakarta, Ini Alasan Cak Imin

Ingin Bangun 40 Kota Seperti Jakarta, Ini Alasan Cak Imin
Tangkapan layar acara Re Solusi Indonesia yang digelar pasangan capres-cawapres Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar(MGN/Candra Yuri Nuralam)

CALON wakil presiden (cawapres) nomor urut satu Muhaimin Iskandar ingin membuat 40 kota di Indonesia semaju Jakarta. Tujuannya untuk menyelesaikan masalah di Ibu Kota.

“Kalau Jakarta ini mau diatasi hanya sebuah kota, enggak mungkin, harus ada 40 kota penyangga yang bisa mengatasi penduduk Jakarta ini, gitu loh,” kata Cak Imin dalam acara Re Solusi Indonesia di Tennis Indoor Senayan, Jakarta Pusat, Jumat (5/1).

Cak Imin mengatakan Jakarta memiliki magnet besar bagi masyarakat. Sebab, banyak orang ingin mendapatkan pekerjaan, berekspresi, dan menikmati infrastruktur memadai di Ibu Kota.

Baca juga : Pertanyaan Jebakan Ala Gibran Dipastikan tak Muncul Lagi dalam Debat

Karenanya, harus ada kota penyangga yang sama majunya dengan Jakarta. Total yang ideal menurut Cak Imin yakni 40.

“Bayangkan kalau kota-kota di sekitar Jawa ini juga tumbuh, di Kalimantan tumbuh, Sumatra tumbuh, akan cepat mengatasi masalah di Jakarta,” ujar Cak Imin.

Baca juga : Elektabilitas Anies-Muhaimin Ungguli Ganjar-Mahfud MD

Menurutnya, rencananya ini bukan tidak suka dengan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara. Cak Imin hanya tidak mau adanya urbanisasi yang terpusat di satu kota.

“Ini bukan setuju atau enggak setuju IKN, ini soal bagaimana cara mengatasi urbanisasi yang terfokus,” tutur Cak Imin. (MGN/Z-5)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Ghani Nurcahyadi

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat