visitaaponce.com

Peneliti BRIN, Irine Hiraswari Gayatri jadi Panelis Debat 2024

Peneliti BRIN, Irine Hiraswari Gayatri jadi Panelis Debat 2024 
Irine Hiraswari Gayatri, peneliti di Pusat Riset Politik BRIN.(Dok.MI)

KOMISI Pemilihan Umum (KPU) telah mengumumkan debat ketiga calon presiden (capres) Pilpres 2024 akan berlangsung di Senayan, Jakarta Pusat, Minggu, 7 Januari 2024. Salah satu dari 11 nama panelis yang akan turut berpartisipasi dalam debat tersebut adalah Irine Hiraswari Gayatri.

Irine Hiraswari Gayatri adalah seorang peneliti di Pusat Riset Politik Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN), yang ditunjuk sebagai panelis untuk memberikan pandangan dan pertanyaan kritis dalam debat tersebut. Debat ketiga membicarakan aspek pertahanan, keamanan, dan hubungan internasional. 

Irine merupakan alumni S3 dari Pusat Gender, Perdamaian, dan Keamanan (GPS) Universitas Monas melalui beasiswa Australia Award. Sebelumnya, Irine menyelesaikan S2 di Universitas Uppsala, Swedia, dan memperoleh gelar MA dari departemen Penelitian Perdamaian dan Konflik di institusi tersebut.

Baca juga: MNC Batal Jadi Satu-satunya TV Penyelenggara Debat Capres

Dikutip dari situs monash.edu, Irine bekerja di Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) tahun 2017-2018. Selama periode tersebut, ia terlibat dalam pengembangan Rencana Aksi Nasional Indonesia untuk Mengatasi atau Mencegah Ekstremisme Kekerasan yang Berpotensi Menuju Terorisme.

Irine juga aktif sebagai anggota Koalisi Anti Kekerasan Berbasis Gender di Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (KemenPPPA). Selain itu, ia melakukan penelitian di berbagai bidang, seperti gender, hubungan internasional feminis, teori norma, studi perdamaian dan konflik, serta terorisme dan ekstremisme kekerasan.

Baca juga: KPU: Dua Panelis Debat dari Unhan Bukan Bagian dari Tim Kampanye Paslon

Kini Irine bekerja sebagai peneliti di BRIN, Irine aktif terlibat dalam penelitian politik, mengeksplorasi aspek-aspek krusial dalam tata kelola pemerintahan, dan dinamika politik nasional. 

Keikutsertaannya sebagai panelis dalam debat ketiga Pilpres 2024 menunjukkan kontribusi berharga Irine dalam memahami serta menganalisis isu-isu politik penting yang tengah berkembang di Indonesia.

Dengan pengetahuannya yang luas dan pengalaman riset yang mendalam, Irine diharapkan dapat memberikan nuansa diskusi yang berimbang dan memperkaya pandangan terhadap berbagai tantangan politik yang dihadapi bangsa ini. Debat ini akan menjadi ajang penting untuk memahami pandangan dan solusi dari calon presiden terkait berbagai isu strategis yang menjadi fokus perhatian masyarakat Indonesia. (Z-3)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Thalatie Yani

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat