visitaaponce.com

Infrastruktur Diplomasi Disinggung dalam Debat Capres

Infrastruktur Diplomasi Disinggung dalam Debat Capres
Ilustrasi.(AFP/SONNY TUMBELAKA)

DALAM debat capres yang mengusung tema pertahanan, keamanan, hubungan Iinternasional dan geopolitik, penguatan infastruktur diplomasi disinggung dalam debat kali ini yang digelar pada Minggu (7/1) di Istora, Senayan, Jakarta. 

Infrastuktur diplomasi adalah representasi wajah Indonesia di negara luar. Menurut Asia Power Index 2023, Indonesia merupakan sebuah negara yang mempunyai pengaruh diplomasi terkuat se-Asia Tenggara. 

Kekuatan ini diukur dari beberapa indikator, seperti seberapa luas jaringan kantor kedutaan negara di suatu negara, tingkat keaktifan suatu negara saat forum atau organisasi multilateral.

Baca juga: Prabowo Terus-terusan Setuju dengan Ganjar dalam Debat Capres

Sedangkan dikutip dari lama resmi Kementerian Luar Negeri Republik Indonesia, diplomasi yang kuat terbentuk karena dukungan pengembangan infrastruktur yang mumpuni. 

Pada 2023, Indonesia mempunyai skor sebesar 60,4 dari 100 yang artinya menjadi posisi nomor satu dibanding negara Asia Tenggara lainnya. Namun, dalam kancah Asia Indonesia masih kalah dari Tiongkok yang memiliki indeks skor 91,5 dari 100. 

Baca juga: Anies: Presiden Harus Jadi Panglima Diplomasi di Panggung Dunia

Debat ketiga ini, dilaksanakan di Istora Senayan dengan waktu 120 menit untuk masing-masing palon memaparkan gagasannya.

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Budi Ernanto

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat