visitaaponce.com

Anies Baswedan Menyoal Etika Kepemimpinan Prabowo Subianto

Anies Baswedan Menyoal Etika Kepemimpinan Prabowo Subianto
Prabowo Subianto dan Anies Baswedan.(Dok Metro TV.)

CALON presiden nomor urut 1 Anies Rasyid Baswedan mengatakan bahwa calon presiden nomor urut 2 Prabowo Subianto telah berkompromi dengan soal-soal etika. Mulanya, Anies memiliki kesempatan untuk melontarkan pertanyaan terhadap Prabowo dalam debat capres, Jakarta, Minggu (7/1). 

Ia pun menanyakan soal standar etika pemimpin. Prabowo pun merespons pertanyaan itu dengan menyebutkan bahwa kebersihan jiwa merupakan etika tertinggi seorang pemimpin.

"Kejujuran, kesetiaan terhadap rakyat. Sekali lagi, jangan karena ambisi pribadi kita menyesatkan rakyat, kita menghasut rakyat, kita membahayakan keamanan rakyat," kata Prabowo.

Baca juga: Bicara Hubungan Internasional, Prabowo Ajak Indonesia Hormati Seluruh Negara

Anies merespons dengan mengafirmasi bahwa sudah seharusnya, seorang pemimpin memiliki standar etika yang tinggi. Sebab, seorang pemimpinlah yang nanti memutuskan permasalahan.

Permasalahan-permasalahan itu, lanjut dia, juga tentu berkaitan dengan keputusan-keputusan yang menyangkut etika.

Anies pun lalu menyinggung soal kepemimpinan Prabowo di Kementerian Pertahanan. Karena, menurutnya, masih banyak 'orang dalam' pengadaan alutsista.

Baca juga: Apa itu BRIN yang Diangkat dalam Debat Capres?

Selanjutnya, Anies menyinggung soal Prabowo yang masih terus melanjutkan langkahnya dalam kontestasi politik kali ini dengan berpasangan dengan calon yang disebut melanggar etika. Oleh karena itu, Anies menyebut bahwa Prabowo telah berkompromi dengan cara beretikanya.

"Ketika ada pelanggaran etika, bapak tetap jalan terus dengan cawapres yang melanggar etika. Artinya, ada kompromi atas standar etika," sebutnya. (Z-2)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Wisnu

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat