visitaaponce.com

Dilaporkan ke Bawaslu, Anies Saya hanya Mengutip Pak Jokowi

Dilaporkan ke Bawaslu, Anies: Saya hanya Mengutip Pak Jokowi
Calon presiden nomor urut 1 Anies Baswedan menyampaikan orasi di Kendari, Sulawesi Tenggara, Selasa (9/1/2024).(Antara/Jojon.)

CALON presiden nomor urut 1 Anies Baswedan menanggapi soal dirinya dilaporkan ke Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) buntut mengungkapkan data lahan Prabowo Subianto saat debat pada Minggu (7/1). Anies mengatakan bahwa yang disampaikannya itu hanya mengutip ucapan Presiden Joko Widodo pada 2019.

"Jumlah lahan yang saya sebutkan di dalam debat kemarin itu mengutip apa yang disampaikan oleh Pak Jokowi. Datanya mengutip Pak Jokowi," ungkap Anies kepada wartawan di Bandara Haluoleo, Sulawesi Tenggara, Selasa (9/1).

Sebagai informasi, kala itu Jokowi menuding Prabowo memiliki 220 ribu hektare lahan di Kalimantan Timur. "Saya tahu Pak Prabowo memiliki lahan yang sangat luas di Kalimantan Timur sebesar 220 ribu hektare," kata Jokowi ketika itu. 

Baca juga: Kubu Anies-Muhaimin tidak Risau Dilaporkan ke Bawaslu

Selain 220 ribu itu, Jokowi juga menyebut Prabowo menguasai 120 ribu hektare lahan lain di Aceh Tengah. Karena itu, total luas lahan Prabowo sekitar 340 ribu hektare.

Diketahui kelompok yang mengatasnamakan Pendekar Hukum Pemilu Bersih (PHPB) melaporkan Anies ke Bawaslu. Hal ini terkait pertanyaannya saat debat mengenai kepemilikan lahan Prabowo Subianto seluas 340 ribu hektare dan anggaran Rp700 triliun untuk pembelian alutsista bekas. 

Baca juga: Anies Dimaki Prabowo, Apakah Tertuju pada Jokowi Juga?

"Karena diketahui jumlah anggaran Kemenhan tidak mencapai Rp700 triliun dan terkait bidang-bidang tanah yang dimiliki oleh capres nomor urut 2 Prabowo Subianto seluas 340 (ribu) hektare, hal tersebut tidak benar," kata Perwakilan PHPB, Subadria Nuka, melalui keterangan tertulis.  (Z-2)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Wisnu

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat