visitaaponce.com

Survei Ganjar Salip Prabowo, Cak Imin Ungguli Gibran

Survei Ganjar Salip Prabowo, Cak Imin Ungguli Gibran
Debat capres ketiga(Antara)

SURVEI Gagas Lintas Data (Galidata) merilis hasil survei selama 24 Desember 2023 hingga 6 Januari 2024 di seluruh wilayah Indonesia.

Peneliti Galidata Bey Arif Budiman, menyebut elektabilitas calon presiden nomor urut tiga Ganjar Pranowo menyalip capres nomor urut dua Prabowo Subianto.

Bey menerangkan jika saat ini dilaksanakan pemilihan presiden dan wakil presiden, Ganjar berada di posisi pertama dengan 33,0 persen mengungguli Prabowo 32,1 persen.

Baca juga : Sebulan Jelang Pemilu, Survei Ipsos Tunjukkan Ada Dinamika Pergeseran Pemilih

“Elektabilitas capres dengan menunjukkan foto ke koresponden, Ganjar masih unggul dengan 36,0 persen, sementara Prabowo di bawah Ganjar dengan 33,3 persen,” tegas Bey, kepada wartawan usai rilis survei Galidata, Kamis (11/1). 

Baca juga :Gagasan Kabinet Ahli Mesti Ditopang Kepiawaian Politik Legislasi

Sementara elektabilitas khusus wakil presiden, cawapres nomor urut satu Muhaimin Iskandar melewati cawapres nomor urut dua Gibran Rakabuming Raka.

“Gus Imin punya elektabilitas 30,1 persen, Gibran 29,5 persen, sementara Mahfud MD 31,3 persen,” ungkapnya.

Terkait elektabilitas capres-cawapres, Bey menuturkan pasangan nomor urut tiga, Ganjar-Mahfud MD berada di paling atas dengan 36,2 persen, mengangkangi pasangan nomor urut dua Prabowo-Gibran dengan 33,3 persen.

“Hasil ini menunjukkan bahwa pemilihan presiden akan berlangsung dua putaran, (tidak ada pasangan calon > 51% suara),” ujar Bey.

Adapun penetapan proporsi sampel di masing-masing kabupaten/kota menggunakan proporsi populasi nasional (purposive sampling).

Survei Galidata melibatkan 1.200 responden, dengan sampling error 2,83% dan tingkat kepercayaan 95%. Ada over sampel sebesar 800 responden di provinsi Jawa Timur, Jawa Tengah, dan Jawa Barat. Margin of error di masing-masing provinsi tersebut adalah 3,2%. (Z-8)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Putra Ananda

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat