visitaaponce.com

Integritas, Akuntabilitas, dan Profesionalitas KPK Tahun 2023 Menurun

Integritas, Akuntabilitas, dan Profesionalitas KPK Tahun 2023 Menurun
Dewas mengatakan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mengalami penurunan integritas, akuntabilitas, dan profesionalitas pada 2023. (MI/Susanto)

DEWAN Pengawas (dewas) mengatakan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mengalami penurunan integritas, akuntabilitas, dan profesionalitas pada 2023. 

Anggota Dewas KPK Syamsuddin Haris menjelaskan pihaknya membandingkan nilai integritas, akuntabilitas, dan profesionalitas di Lembaga Antirasuah pada 2022 dan 2023. Tiga sektor itu menurun bersamaan.

“Indeksnya mengalami penurunan. Integritas dari 3,82 jadi 3,36; akuntabilitas dari 3,04 jadi 2,71; profesionalitas dari 3,36 jadi 2,5,” kata Syamsuddin dalam telekonferensi yang dikutip pada Selasa (16/1) Januari 2024.

Baca juga: Dewas Mengaku Sulit Mengantisipasi Strategi Mundur Sebelum Sidang Etik

Syamsuddin menjelaskan penurunan itu didasari karena perubahan parameter dan metode penilaian. Lalu, implementasi praktik manajemen dalam mendukung akuntabilitas, profesionalitas, dan integritas juga memengaruhi.

Dewas KPK menilai banyak pegawai belum memahami dan belum melaksanakan siklus manajemen di instansi tersebut. Karenanya, angkanya menurun.

Baca juga: 169 Orang Diperiksa Dewas KPK Terkait Skandal Pungli Rutan

“Memang kelihatannya cukup menurun dibandingkan tahun 2022 walaupun kami akui metodelogi yang diimplementasikan pada 2022 beda dengan 2023,” ujar Syamsuddin. (Z-3) 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Thalatie Yani

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat