visitaaponce.com

Ateh Pendaftaran Capim KPK Tidak Sepi, Masih Awal

Ateh: Pendaftaran Capim KPK Tidak Sepi, Masih Awal
Ketua Pansel Capim KPK Yusuf Ateh menilai pendaftaran masih awal dan bukan sepi peminat.(MI/Susanto)

KETUA Panitia Seleksi (Pansel) Calon Pimpinan (Capim) dan Dewan Pengawas (Dewas) Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) periode 2024-2029, Yusuf Ateh membantah jika pendaftaran Capim dan Dewas KPK saat ini sepi peminat.

Dia melihat penyebabnya saat ini baru masa awal pendaftaran, sehingga calon pendaftar masih banyak yang baru sekedar melakukan registrasi akun secara online terlebih dulu.

Menurutnya, saat ini baru masa awal pendaftaran sehingga calon pendaftar masih banyak yang baru sekedar melakukan registrasi akun secara online terlebih dulu.

Baca juga : Pansel Bakal Minta KPK Memprofiling Capim untuk Instansinya

Selain itu, Ateh menduga para calon pendaftar masih harus menyiapkan dokumen yang diperlukan untuk dikumpulkan saat mendaftarkan diri sebagai Capim maupun Calon Dewas KPK.

"Pendaftaran baru mulai. (Calon pendaftar) Sudah buat akun kok," ujar Ateh di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin (1/7).

"Kan perlu menyiapkan dokumen. Nanti mendaftar melampirkan dokumen. Kan perlu waktu itu. Biasalah. Pokoknya tunggu saja. Tunggu saja. Percayalah," tegasnya

Baca juga : KPK Respons Dewas Sebut Pimpinan KPK Kerap Melawan

Terpisah, Arif Satria Wakil Ketua Pansel Capim dan Dewas KPK mengatakan, sampai pukul 10.00 WIB, Senin (1/7), sudah ada 318 yang mendaftar akun di sistem.

"Rekapitulasi pendaftaran seleksi KPK per tgl 1 Juli 2024 pkl 10.00, jumlah register akun sebanyak 318, jumlah pendaftar capim 10, jumlah pendaftar dewas sebanyak 16," kata Arif, melalui pesan singkat, Senin (1/7).

“Sampai pagi ini sudah ada 10 orang yang mendaftar sebagai calon Komisioner, dan 16 orang yang mendaftar sebagai calon Dewas KPK,” ujarnya di Jakarta.

Baca juga : Dewas Buka Borok Pimpinan KPK, Alarm bagi Pansel Capim

Pansel Capim dan Dewas KPK telah membuka pendaftaran sejak 26 Juni, dan akan menutup tanggal 15 Juli 2024. Selanjutnya, pansel memverifikasi berkas sesuai persyaratan. Pendaftar yang lolos akan diumumkan ke publik Rabu 24 Juli 2024.

Lalu, 10 nama yang memenuhi kriteria berdasarkan proses seleksi sebagai kandidat Pimpinan KPK dan 10 nama calon Dewas KPK akan diserahkan kepada Joko Widodo Presiden.

Kemudian, nama-nama yang dipegang Jokowi akan dikirim ke DPR RI, lalu berkesempatan menjalani uji kelayakan dan kepatutan (fit and proper test) di Komisi III.  (z-3)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Thalatie Yani

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat