visitaaponce.com

Survei Anies-Muhaimin bakal Kalahkan Prabowo-Gibran di Putaran Kedua Pilpres

Survei: Anies-Muhaimin bakal Kalahkan Prabowo-Gibran di Putaran Kedua Pilpres
Pasangan calon presiden dan wakil presiden Anies Basswedan dan Muhaimin Iskandar(AFP)

Pasangan calon presiden dan wakil presiden nomor urut 1 Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar (Amin) diyakini bakal menang dalam Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024. Hal itu bakal terjadi jika pilpres bergulir dalam dua putaran.

"Dari simulasi head to head antar paslon, jika berhadapan dengan Prabowo-Gibran, Amin akan menang dengan 43,6 persen vs 39,9 persen," ujar peneliti lembaga konsultan politik StarPoll, Kurniawan Zein, dalam konferensi pers, di kawasan Menteng, Jakarta Pusat, Selasa (16/1).

StarPoll, kata Kuniawan, juga melakukan simulasi apabila Amin berhadapan dengan pasangan Ganjar Pranowo-Mahfud MD. Hasil jajak pendapat menunjukkan Amin menang telak dengan raihan suara 53,2% dan Ganjar-Mahfud hanya 24,2%.

Baca juga: Anies bakal Sediakan Layanan Kesehatan Mental Gratis di Puskesmas

Sementara itu, apabila Ganjar-Mahfud berhadapan dengan Prabowo-Gibran, StarPoll meyakini pasangan nomor urut 2 lebih unggul. Pasangan Prabowo Gibran akan meraih 46,7% dan Ganjar-Mahfud mendapat 21,8%.

Kurniawan mengungkapkan sangat kecil kemungkinan Pilpres 2024 berlangsung dalam satu putaran. Ia melihat Amin mampu menggerus suara Prabowo-Gibran di Jawa Baret dan Banten.

Baca juga: Anies Janjikan Pelayanan Kesehatan yang Merata untuk Seluruh Rakyat

"Saya pesimis pemilu dapat dimenangkan satu putaran jika memperhatikan peta elektabilitas terkini. Yang jelas, pasangan calon Amin, mampu menggerus basis suara tradisional Prabowo," tuturnya

Survei LKPI Starpoll dilaksanakan pada 20 Desember 2023 hingga 4 Januari 2024 dengan mewawancarai 2.500 responden. Wawancara dilaksanakan secara tatap muka di 38 provinsi di Indonesia. Survei itu memiliki margin of error kurang lebih 2% pada tingkat kepercayaan 95%. (Z-11)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Andhika

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat