visitaaponce.com

Survei Bloomberg Ekonom Sebut Anies Baswedan Kandidat Tepat Gantikan Presiden Joko Widodo

Survei Bloomberg: Ekonom Sebut Anies Baswedan Kandidat Tepat Gantikan Presiden Joko Widodo
Capres nomor 01 Anies Baswedan(AFP/Yasuyoshi Chiba)

CAPRES nomor urut 01 Anies Baswedan mendapat skor tertinggi dalam survei Pilpres 2024 yang dilakukan media ekonomi Amerika Serikat, Bloomberg. Survei tersebut melibatkan 17 ekonom dan analis. 

Survei itu menilai Anies, yang vokal dalam mengkritik Joko Widodo (Jokowi), merupakan kandidat paling tepat untuk menggantikan Jokowi sebagai presiden Indonesia. 

“Baswedan, seorang kritikus terkemuka terhadap Presiden Joko Widodo mendapat nilai tertinggi yaitu 33 dari 17 ekonom dan analis pasar ketika ditanya siapa yang menurut mereka paling baik memimpin Indonesia,” tulis The Business Times, dikutip pada Kamis, 18 Januari 2024. 

Baca juga : Elektabilitas Anies-Muhaimin sudah Lampaui Ganjar-Mahfud MD

Baca juga : Anies: Negara harus Mampu Bangun Ekosistem Pasar yang Sehat

Posisi kedua pada survei ditempati oleh Menteri Pertahanan Prabowo Subianto dengan 29 Poin. Sedangkan mantan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menduduki peringkat terakhir dengan 28 poin.
 
Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024 yang melibatkan lebih dari 204 juta pemilih itu diprediksi akan berlangsung lebih panjang. Seorang pemimpin nantinya akan dipilih untuk mengawasi perekonomian yang bernilai lebih dari US$1 triliun. 
 
Baca juga : Capres Anies Baswedan Trending Topic di X

Baca juga : Food Estate Dianggap Anis Baswedan Telah Gagal dan Cuma Tanam Singkong

Survei itu juga mengungkapkan bahwa perekonomian Indonesia mampu tumbuh lebih tinggi dari 5 persen jika Anies memenangkan Pilpres 2024. Presiden Jokowi gagal mencapai pertumbuhan ekonomi sebesar 7 persen, sesuai janji politiknya. 
 
Survei ini dilakukan pada awal Januari 2024, saat survei-survei lain yang dilakukan lembaga di Indonesia menempatkan elektabilitas Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka di posisi pertama.
 
Seperti diketahui, Prabowo mengangkat putra Jokowi sebagai pasangannya untuk menduduki jabatan puncak. Keputusan tersebut sontak memicu tuduhan bahwa Jokowi sedang membangun sebuah dinasti politik. 
 
Terlebih, Prabowo dan Gibran pun berjanji untuk melanjutkan kebijakan Jokowi. Termasuk di antaranya adalah hilirisasi mineral dan pembangunan ibu kota baru atau IKN senilai US$34 miliar atau sekitar Rp 530 triliun. 

Survei Indikator Catat Elektabilitas Anies melejit

Hari ini, lembaga survei Indikator Politik Indonesia juga merilis hasil survei terbarunya. Disebutkan bahwa pasangan calon presiden dan wakil presiden nomor urut 1 Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar terus mengalami kenaikan elektabilitas.

“Ada dinamika positif buat Anies Baswedan, naik dari 22,8% ke 25,5% kalau saya bulatkan,” kata Peneliti Utama Indikator Politik Indonesia Burhanuddin Muhtadi dalam telekonferensi di Jakarta, Kamis (18/1).

Dalam periode 27 Oktober 2023 sampai 1 November 2023 suara untuk Anies dan Muhaimin tercatat sebesar 24,4%. Lalu, sempat turun pada periode 23 November 2023 sampai 1 Desember 2023 menjadi 22,8%. Kemudian naik lagi pada 30 Desember 2023 sampai 6 Januari 2024 menjadi 25,47%. 

Kedua survei tersebut, baik dari Bloomberg maupun Indikator Politik Indonesia menjadi modal besar bagi pasangan Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar di Pemilu 2024, dimana pemilihan suara akan dilakukan pada 14 Februari 2024 nanti. (Medcom.id/Z-4)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Zubaedah Hanum

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat