visitaaponce.com

Anies dan Prabowo Bersamaan Gelar Kampanye Akbar di Satu Provinsi, Ini Antisipasi KPU

Anies dan Prabowo Bersamaan Gelar Kampanye Akbar di Satu Provinsi, Ini Antisipasi KPU
Anies Baswedan saat kampanye di Sumatra Barat(MI/Yose Hendra)

KOMISI Pemilihan Umum (KPU) RI mencegah potensi gesekan antarpendukung pasangan calon presiden (capres) dan calon wakil presiden (cawapres) nomor urut 1 Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar atau Amin serta pasangan nomor urut 2 Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka saat kampanye metode rapat umum atau kampanye akbar.

Pasalnya, dua hari terakhir puncak kampanye rapat akbar, yakni pada Jumat (9/2) dan Sabtu (10/2), kedua pasangan tersebut itu berkampanye di satu provinsi yang sama. Pada Jumat (9/2), Amin berkampanye di Sidoarjo, Jawa Timur, sedangkan Prabowo-Gibran di Surabaya, Jawa Timur.

Adapun pada Sabtu (10/2), Amin berkampanye di Jakarta International Stadium (JIS), sementara Prabowo-Gibran di Kompleks Gelora Bung Karno (GBK). Kampanye akbar sendiri baru dimulai pada Minggu (21/1) sampai empat hari jelang pemungutan suara.

Baca juga : Bawaslu Akui Kurang Pasukan Awasi Kampanye Akbar

KPU RI membagi tiga zona yang bakal dipakai untuk lokasi debat sejak hari pertama kampanye akbar sampai Kamis (8/2). Tujuannya, untuk menghindari bentrokan ataupun gesekan antarpara pendukung pasangan capres-cawapres dan partai politik.

Agenda kampanye metode rapat umum pasangan capres-cawapres dan partai politik itu telah diatur oleh KPU RI melalui Keputusan KPU Nomor 78/2024 tentang Penetapan Jadwal Kampanye Pemilu Melalui Metode Rapat Umum dalam Pemilu 2024 yang ditandatangani Ketua KPU RI Hasyim Asy'ari pada Rabu (17/1).

Baca juga : Bakal Gelar Kampanye Akbar di JIS, Anies : Simbol Keringat Anak Indonesia

Anggota KPU RI August Mellaz menjelaskan, penyusunan jadwal kampanye metode rapat umum digodok bersama naradamping masing-masing pasangan capres-cawapres serta partai politik peserta Pemilu 2024. Dalam rapat itu, KPU mengakomodir keinginan pihak pasangan calon dan partai politik untuk diberikan keleluasaan berkampanye pada tiga hari terakhir.

"Ini bagian dari koordinasi dengan pihak kepolisian. Yang jelas sekarang posisinya tentu sebagai keputusan, (jadwal) itu yang akan dijalankan, dan kemudian pesoalan lainnya secara teknis kami tentu akan meningkatkan koordinasi dengan kepolisian," kata Mellaz di Kantor KPU RI, Jakarta, Jumat (19/1).

Menurutnya, KPU RI juga bakal menggelar rapat koordinasi lagi dengan tim pasangan calon dan pihak kepolisian pada akhir Januari ini untuk memantapkan keamanan kampanye metode rapat umum.

"Dan kami sudah komunikasi intensif dengan kepolisian, termasuk salah satunya terkait bagaimana merekayasa arus. Jadi secara prinsip tidak ada soal," tandasnya.

Pada Kamis (8/2), Amin bakal berkampanye di Jawa Barat sedangkan Prabowo-Gibran di Jawa Tengah, dan Ganjar Pranowo-Mahfud Md di Jawa Timur. Adapun lokasi kampanye Ganjar-Mahfud pada Jumat (9/2) dan Sabtu (10/2) masing-masing digelar di DKI Jakarta dan Jawa Tengah. (Z-5)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Ghani Nurcahyadi

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat