visitaaponce.com

Komentari Debat Cawapres, Butet Sebut Gibran Tuna Adab dan by Design

Komentari Debat Cawapres, Butet Sebut Gibran Tuna Adab dan by Design
Debat Cawapres(Dok.MI)

SENIMAN Butet Kartaredjasa mengomentari cawapres 02, Gibran Rakabuming Raka saat debat dengan cawapres 03, Mahfud MD, Minggu (21/1) malam.

"Itu tuna ada MB, tuna etika. Apa yang dilakukan tampak betul sudah dipersiapkan hanya untuk melecehkan orang tua (Mahfud MD)," papar dia di Taman Budaya Yogyakarta, Senin (22/1).

Menurut dia, yang dilakukan oleh Gibran merupakan praktik yang tidak sepantasnya dilakukan dalam forum perdebatan kelas nasional, forum yang sangat resmi. "Saya tidak tahu bagaimana orang tuanya membelajarkan etika,” terangnya.

Baca juga: INDEF: Cak Imin Positif, Mahfud Berkelas, Gibran Banyak Gimik

Butet mengaku tidak membayangkan kalau anak itu terpilih. Dirinya akan mempunya pemimpin yang tidak punya adab seperti ini.Butet mengaku, hal tersebut yang dikhawatirkannya. Orang tuanya telah membunuh anaknya sendiri.

Anak dihadirkan ke ruang publik tanpa etika, tanpa tata krama, tanpa budi pekerti. Sebagai orang tua, hal yang nomor satu diilakukannya dalam mendidik anak adalah tata krama, mendidik etika.

Baca juga: 

Calon wakil presiden nomor urut 2 Gibran Rakabuming Raka

Level Kepemimpinan Gibran Masih Rendah

Anak harus tahu menempatkan diri pada saatnya ia harus bebas, pada saatnya harus bercanda.  "Namun, ketika sebuah forum resmi, forum kenegaraan diperlakukan tuna ada seperti itu, saya merasa ikut tersinggung dan kecewa," kata dia.

Hal yang dilakukan Gibran, menurut dia, bukan masalah anak muda. Pasalnya, masih banyak anak muda yang mengerti adab, mengerti etika.

"Itu bukan sebuah improvisasi. Itu tampak betul sudah dipersiapkan. Saya kan aktor teater, ngerti itu gerakan-gerakan yang natural sama gerakan-gerakan yang dibikin-bikin dan dipersiapkan," kata dia.

"Tahu saya. Semua orang waras mengetahui. Itu semua adalah by design. Didisain untuk apa? Didisain untuk melecehkan orang tua. Coba lihat lagi (gerakan Gibran saat debat Cawapres semalam," tutup dia. (AT/Z-7)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat