visitaaponce.com

Presiden Berikan Bantuan Rp8 Juta per Hektare untuk Petani Gagal Panen di Jateng

Presiden Berikan Bantuan Rp8 Juta per Hektare untuk Petani Gagal Panen di Jateng
Presiden Joko Widodo menyerahkan bantuan stimulan kepada petani gagal panen (puso) di GOR Bung Karno, Kabupaten Grobogan, Jateng.(Dok. Sekretariat Presiden/Muchlis Jr)

PRESIDEN Joko Widodo atau Jokowi menyerahkan bantuan stimulan kepada petani gagal panen (puso) di GOR Bung Karno, Kabupaten Grobogan, Provinsi Jawa Tengah, pada Selasa, (23/1). Presiden mengatakan uang bantuan tersebut dapat digunakan para petani untuk kembali menanam padi.

“Moga-moga dalam waktu yang sangat dekat realisasi uangnya bisa segera diterima para petani dan langsung bisa dipakai untuk tandur, tanam, tandur, tanam, dan segera panen. Kalau sudah panen, kita tidak usah banyak impor-impor lagi dari negara lain karena mereka juga sekarang ini juga mengerem semuanya, nggak jual berasnya,” ujar Jokowi.

Untuk membantu petani, pemerintah melalui Badan Penanggulangan Bencana Nasional (BNPB) memberikan bantuan stimulan sebesar Rp8 juta per hektare.

Baca juga: Jokowi Sindir Bertahun-tahun Perbaikan Jalan di Jateng tidak Selesai

Presiden mengatakan dampak perubahan iklim mengakibatkan kemarau panjang atau banjir telah menyebabkan banyak petani gagal panen sehingga produktivitas padinya menurun. Di sisi lain, petani memiliki peran sentral bagi Indonesia dalam pemenuhan kebutuhan pangan.

“22 negara sekarang ini menghentikan ekspor, menghentikan menjual berasnya kepada negara lain. Kalau penduduk sebuah negara hanya 10 juta, 25 juta, gampang. Kita ini 280 juta harus makan semuanya. Oleh sebab itu, peran bapak, ibu para petani itu sangat penting bagi negara ini,” jelasnya.

Baca juga: Presiden Jokowi Anggarkan Rp15 Triliun untuk Bangun Jalan Daerah di 2024

Presiden menyebut di Jawa Tengah 16 ribu hektare lahan terdampak. Oleh karena itu pemerintah pada hari ini memberikan bantuan di Kabupaten Grobogan, Kudus, Jepara, Demak, dan Pati. Bantuan yang diberikan sebesar Rp8 juta per hektare.

Turut mendampingi Presiden Jokowi dalam kesempatan tersebut yaitu Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Muhadjir Effendy, Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono, Kepala BNPB Suharyanto, Pj. Gubernur Jawa Tengah Nana Sudjana, dan Bupati Grobogan Sri Sumarni.

(Z-9)

 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Putri Rosmalia

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat