visitaaponce.com

Vonis Praperadilan Eks Wamenkumham Edward Omar akan Dibacakan Sore Ini

Vonis Praperadilan Eks Wamenkumham Edward Omar akan Dibacakan Sore Ini
mantan wamenkumham Edward Omar Sharif Hiarij(MI/Moh Irdan )

HARI ini Pengadilan Negeri Jakarta Selatan akan menggelar pembacaan putusan terhadap praperadilan terkait penetapan tersangka terhadap mantan Wamenkumham Edward Omar Sharif Hiariej alias Eddy. 

“Akan dibacakan pada sidang terbuka untuk umum,” kata Pejabat Humas Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Selasa (30/1).

Pembacaan putusan berlangsung di ruang sidang utama Pengadilan Negeri Jakarta Selatan pukul 15.30 WIB.

Baca juga: Idrus Marham Mangkir dari Panggilan KPK

Eddy mengajukan praperadilan atas penetapan tersangka terhadapnya. Salah satu protes eks wamenkumham itu yakni pemberian status hukum saat mantan Ketua KPK Firli Bahuri menjadi tersangka di Polda Metro Jaya.

Diketahui, KPK menetapkan empat tersangka dalam kasus dugaan penerimaan suap dan gratifikasi di Kemenkumham. Selain Eddy, ada Dirut PT CLM Helmut Hermawan, pengacara Yosi Andika Mulyadi, dan Asisten Pribadi Eddy, Yogi Arie Rukmana.

Baca juga: Hari Ini KPK Bakal Jawab Praperadilan Eks Wamenkumham dan Penyuapnya

Eddy diduga menerima Rp8 miliar dari Helmut. Dana itu dipergunakan untuk mengurus sengketa status kepemilikan PT CLM, penghentian perkara di Bareskrim, dan dana keperluan pribadi berupa pencalonan Ketua Pengurus Pusat Persatuan Tenis Seluruh Indonesia (PP Pelti).

Total uang yang diterima itu belum final. KPK bakal mengembangkan dugaan adanya aliran dana lain yang masuk kepada Eddy. Saat ini, baru Helmut yang ditahan.

Helmut disangkakan melanggar Pasal 5 ayat (1) huruf a atau b atau Pasal 13 Undang-Undang Nomor 31 Tahun 1999 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi sebagaimana telah diubah dengan Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2001 tentang Perubahan Atas Undang-Undang Nomor 31 Tahun 1999 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi. (Z-3)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Thalatie Yani

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat