visitaaponce.com

Langkah Mahfud MD Bisa Picu Menteri Kabinet Jokowi Lainnya Ikut Mundur

Langkah Mahfud MD Bisa Picu Menteri Kabinet Jokowi Lainnya Ikut Mundur
Menkopolhukam sekaligus cawapres Mahfud MD, saat menyatakan pengunduran diri dari kabinet Jokowi, di Lampung, 31 Januari 2024.(Dok. Metro TV)

MUNDURNYA Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Menkopolhukam) Mahfud MD dari Kabinet Indonesia Maju diprediksi akan memicu peristiwa serupa. Menteri lain di kabinet Jokowi berpotensi mengikuti jejak Mahfud MD untuk melakukan pengunduran diri.

"Bisa saja menteri-menteri lain juga keluar dari kabinet," kata Direktur Eksekutif Political and Public Policy Studies Jerry Massie kepada Medcom.id, Rabu, 31 Januari 2024.

Jerry menangkap sinyal ketidakharmonisan dalam kabinet Jokowi belakangan ini. Salah satu buktinya, yakni tidak melibatkan Menteri Sosial Tri Rismaharini dalam penyaluran bantuan sosial (bansos).

Baca juga : Istana: Presiden Jokowi Hormati Keinginan Mahfud MD untuk Mundur

"Jadi bukan saja Mahfud MD tapi ada beberapa menteri dan kader lain yang akan mundur," papar dia.

Keyakinan Jerry juga mengacu pada pernyataan ekonom senior Institute for Development of Economics and Finance (Indef) Faisal Basri. Faisal sempat mengungkapkan Menteri Keuangan Sri Mulyani dan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono dinilai paling siap mundur dari kabinet. Meskipun, hal itu dibantah berbagai pihak.

"Kita tidak bisa sebut siapa (menteri yang mundur). Pokoknya yang sudah tidak merasa nyaman dan enak di kabinet," ujar dia.

Baca juga : Mahfud MD akan Serahkan Surat Pengunduran Diri Langsung ke Jokowi

Mahfud MD mengajukan surat pengunduran dirinya dari Kabinet Indonesia Maju kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi). Keputusan ini pun sudah disepakati oleh calon presiden nomor urut 3 Ganjar Pranowo beserta partai pengusung.

"Hari ini saya sudah membawa surat untuk Presiden, untuk disampaikan ke Presiden langsung tentang masa depan politik saya yang belakangan ini menjadi pembicaraan publik ," kata Mahfud MD, Rabu, 31 Januari 2024.

Beberapa waktu lalu, Mahfud MD menyampaikan akan mundur dari posisi Menko di kabinet saat acara Tabrak, Prof! di Semarang, Jawa Tengah. Meski demikian, Mahfud MD mengatakan masih menunggu waktu yang tepat sebab ia diberikan amanat sebagai Menko oleh presiden.

 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Putri Rosmalia

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat