visitaaponce.com

Menko PMK Muhadjir Effendy Berharap Pilpres 2024 Satu Putaran

Menko PMK Muhadjir Effendy Berharap Pilpres 2024 Satu Putaran
Menko PMK Muhadjir Effendy(MI/Ramdani)

MENTERI Koordinator Bidang Pembangunan dan Kebudayaan, Muhadjir Effendy berharap Pilpres 2024 satu putaran. Hal itu dikatakannya saat menyalurkan bantuan sosial warga yang kurang mampu di Kabupaten Berau, Kalimantan Timur, Kamis (1/2).

"Saya kira semuanya berharap satu putaran,” ucap Muhadjir yang saat itu didampingi oleh Wakil Bupati Berau, Gamalis bersama pejabat daerah lainnya.

Soal kenapa satu putaran, Muhadjir mengaku hal itu lebih sederhana. "Saya juga tidak mengurusi siapa-siapa nanti yang jadi. Satu putaran itu lebih sederhana," katanya.

Baca juga : Mahfud MD Mundur, Ini Kata Menko PMK Muhadjir Effendy

Muhadjir Effendy membeberkan alasannya ke awak media soal harapannya agar Pilpres hanya satu putaran saja. Ia mengatakan jika terjadi sampai dua putaran akan mempengaruhi anggaran bansos

"Biaya untuk KPU saja hampir Rp16 triliun, belum lagi untuk biaya lainnya seperti keamanan, yg diperkirakan sudah dialokasikan sekitar Rp40 triliun. Untuk menjaga dana anggaran untuk putaran kedua anggaran dari masing-masing menteri itu sudah dikunci," bebernya. 

Saat ini, sebut Muhadjir Effendy, ada sekitar 22 juta lebih warga Indonesia penerima manfaat bantuan program pembagian bantuan sosial (bansos) beras gratis.

Baca juga : Ketua DPR Puan Maharani Tegaskan Bansos Bantuan Negara, Bukan dari Jokowi

Bagi-bagi bansos Presiden Joko Widodo menjelang Pilpres 2024 menjadi sorotan luas masyarakat karena dilakukan di masa kampanye Pemilu 2024.

Peneliti senior Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN), Prof Firman Noor mengatakan, hal itu sangat tidak etis, karena tidak sesuai dengan apa yang seharusnya. 

“Bansos itukan bukan dana yang digunakan untuk kampanye, itu harus kembali ke rakyat," cetusnya.

Baca juga : Potensi Politisasi Bansos Kian Masif, Pengamat: Pengawasan Harus Diperkuat

Sejumlah pakar telah memperingatkan politisasi bansos di tahun politik yang akan dimanfaatkan untuk kepentingan kampanye Pemilu 2024. Sebab faktanya, kata Direktur Eksekutif Indonesia Budget Center (IBC) Arif Nur Alam, anggaran bansos naik signifikan sebesar 12% di 2024 menjadi Rp53,3 triliun. (MGN/Z-4)

 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Zubaedah Hanum

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat