visitaaponce.com

Ini 4 Pemimpin Daerah yang Berpotensi Jadi The Indonesian Next Leader

Ini 4 Pemimpin Daerah yang Berpotensi Jadi The Indonesian Next Leader
Bupati Pasaman Sabar AS, salah satu tokoh kepala daerah terpilih di buku The Indonesia Next Leader.(Dok. MI/Susanto)

Media Indonesia dengan Solutee.id meluncurkan buku The Indonesian Next Leader dalam rangkaian acara HUT Ke-54 Media Indonesia pada Kamis (1/2/2024). Buku The Indonesian Next Leader dilahirkan setelah melakukan riset, wawancara, dan kurasi yang dilakukan oleh para panelis selama dua setengah bulan dan menghasilkan 18 tokoh inspiratif yang terbagi dalam empat kategori, yakni klaster pemimpin daerah, pejabat publik, akademisi, dan pengusaha.

Berikut tokoh inspiratif yang berpotensi jadi pemimpin Indonesia di masa depan dari klaster pemimpin daerah:

1. Walikota Makassar Mohammad Ramdhan Pomanto

Menurut CEO Solutee.id sekaligus panelis dalam buku ini, Arief Hidayat Thamrin mengungkapkan Ramdhan memiliki gaya kepemimpinan yang patut dipelajari. Ramdhan dekat dengan rakyat dan membentuk Dewan Lorong di Makassar.

Baca juga : Inovasi D’Lor Hantar Danny Pomanto Jadi The Indonesian Next Leader

Dewan Lorong memiliki lima tugas dan tanggung jawab yaitu menjadi mitra penyebarluasan informasi Lorong Wisata kepada masyarakat, melakukan pendampingan masyarakat, melakukan koordinasi dengan perangkat kelurahan dan kecamatan dalam pengembangan Lorong Wisata.

Selanjutnya, melakukan pertemuan secara rutin guna memperkuat penguatan kelembagaan Lorong Wisata, dan melaporkan hasil pelaksanaan tugas-tugasnya.

Untuk komposisi personil D Lor berjumlah tiga orang, satu ketua, dan dua anggota dengan keterwakilan dari unsur tokoh pemuda (milenial), tokoh masyarakat, dan tokoh perempuan.

Baca juga : Media Indonesia dan Solutee.id Luncurkan Buku The Indonesian Next Leader

"Gaya kepemimpinan beliau perlu kita pelajari dan inspiratif. Tidak ada jarak dengan rakyat, dekat dengan grassroot, dan punya dewan lorong atau local influence. Jadi menyebabkan beliau bisa dua periode," kata Arief di Jakarta, Kamis (1/2/2024).

Selain itu, Arief menilai Ramdhan cepat beradaptasi menjadi orang nomor satu di Makassar dan mampu mengelola tata kota sehingga mendapatkan penghargaan Piala Adipura.

"Beliau anak PNS, ibunya guru dari Gorontalo tapi bisa memimpin di Makassar yang (suku) Bugis. Ini adalah cermin beliau adaptasinya bagus. Kemudian beliau arsitek sehingga bagus dari segi tata kelola dan meraih Piala Adipura," ujarnya.

Baca juga : Membingkai Kota Makassar Lewat Inovasi Lorong, Wali kota Raih Penghargaan The Indonesians Next Leaders

2. Bupati Pasaman Sabar AS

Arief mengungkapkan Sabar menjadi pemimpin daerah inspiratif berbekal pengalamannya sejak menjadi aktivis dan anggota DPRD Provinsi Sumatera Barat selama tiga periode dari 2009 hingga 2020. Kemudian Sabar menjabat Wakil Bupati Pasaman (2021-2023) dan Bupati Pasaman (2023-sekarang). Sabar fokus membangun bidang pertanian, perikanan, konektivitas, dan wisata di Pasaman.

"Salah satunya ada wisata di Pasaman Land of Equator Planetarium yang anggarannya Rp20 miliar. Ini diharapkan jadi destinasi wisata dan edukasi," ujar Arief.

Selain itu, Arief menilai Sabar juga dekat dengan rakyat yang ditandai dengan menjabat sebagai anggota DPRD Provinsi Sumatera Barat selama tiga periode dan rutin salat subuh di masjid. Sabar juga dekat dengan keluarga dan selalu belajar, baik dengan mentor maupun orang lain.

Baca juga : Rektor IPB Dinobatkan Jadi Inspiring Leader oleh Media Indonesia

3. Bupati Minahasa Utara Joune J.E. Ganda

Bupati Minahasa Utara Joune J.E. Ganda masuk dalam daftar The Indonesian Next Leader berikutnya. Joune merupakan pengusaha dan politikus yang handal.

Arief mengungkapkan Joune terjun ke politik untuk melayani masyarakat setelah diminta oleh ibunya. Permintaan itu dipenuhi Joune dan berhasil menjadi Bupati Minahasa Utara pada 2021.

"Beliau memiliki prestasi membenahi ekonomi dan melakukan inovasi kelapa hybrida. Gaya kepemimpinan beliau itu semangat berkolaborasi," ujar Arief.

Baca juga : Catatan Perjalanan Menemukan Toko Buku di Dunia

Joune juga aktif di pentas dunia dan ingin menjadikan Minahasa Utara sebagai gerbang Pasifik. Keinginan itu diwujudkan dengan menjadi tuan rumah United Cities and Local Government Asia Pasific pada April mendatang.

4. Bakal Calon Bupati Malang Dwi Indrotito Cahyono

Dwi Indrotito merupakan advokat selama 20 tahun terakhir. Saat ini Dwi Indrotito menjadi aktivis generasi antinarkoba dan menyuarakan kesejahteraan untuk masyarakat. Arief mengungkapkan Dwi Indrotito tulus mengabdi untuk masyarakat.

"Beliau mengabdi bukan mencari kekuasaan. Banyak pemimpin mencari, tapi pemimpin adalah pengabdian sehingga moral dan kebaikan yang utama menjadi pemimpin," ujarnya.

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Putri Rosmalia

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat