visitaaponce.com

Protes Civitas Academica Bentuk Mosi tidak Percaya Rezim Penguasa

Protes Civitas Academica Bentuk Mosi tidak Percaya Rezim Penguasa
Pernyatan sikap Guru Besar Universitas Indonesia (UI) terkait Pemilihan Umum (Pemilu) 2024(MI/ Moh Irfan)

FENOMENA aksi protes civitas academica dari sejumlah universitas di Tanah Air dinilai sebagai bentuk mosi tidak percaya kelompok menengah terdidik terhadap rezim penguasa. Saat ini, tindak-tanduk penguasa sudah dipandang tidak dapat diterima, baik secara logika, hati nurani, dan nilai-nilai etika.

Demikian disampaikan sastrawan sekaligus pengamat budaya politik Okky Madasari kepada Media Indonesia menanggapi gerakan protes sejumlah sivitas yang dimulai dari Universitas Gadjah Mada (UGM) pada Rabu (31/1). UGM merupakan almamater Presiden Joko Widodo.

Langkah UGM disusul Universitas Islam Indonesia (UII) pada Kamis (1/2) dan Universitas Indonesia (UI) hari ini, Jumat (2/2). Bagi Okky, jika UGM dan UI sudah memulai protes keras tersebut, universitas negeri lain bakal mengikuti.

Baca juga : Keprihatinan Menguat, Akademisi dan Intelektual Bergerak

"Ini adalah protes keras kelompok intelektual terhadap Jokowi. Ini mosi tidak percaya kelompok menengah terdidik," terang Okky.

Lebih lanjut, ia menerangkan bahwa sejarah selalu menunjukkan suatu gerakan perubahan atau revolusi selalu dimulai dengan kegelisahan dan kemarahan kelas menengah. Saat ini, keberanian universitas lain untuk menyampaikan kekecewaan kepada Jokowi masih dinanti.

"Kita menunggu ITB, IPB, Unpad, Unair, Undip, dan secara psikologis penting, UNS," ujarnya.

Baca juga : Dikritik Civitas Akademika UGM, UII, hingga UI, Jokowi: Itu Hak Demokrasi

Sebelumnya, sivitas akademika UGM menyampaikan petisi kepada Jokowi yang isinya mendesak segenap aparat penegak hukum serta semua pejabat negara dan aktor politik di belakang Presiden, termasuk Jokowi sendiri, untuk segera kembali pada koridor demokrasi. (Tri/Z-7)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat