visitaaponce.com

LSI Strategi Sebut Pilpres 2024 Bakal 2 Putaran

LSI Strategi Sebut Pilpres 2024 Bakal 2 Putaran
Ilustrasi(MI/ Seno)

DIREKTUR Riset LSI Strategi Riko memprediksi pemilu presiden akan berlangsung dua putaran.

Ia mengaku telah mengkaji dan melakukan analisa secara mendalam yang bakal membuat Pilpres 2024 akan berlangsung 2 putaran.

"Berdasarkan catatan kami, ada 18 lembaga survei yang telah rilis pada Januari 2024, hanya terdapat 4 lembaga survei yang merilis dengan elektabilitas Prabowo-Gibran unggul 50 % plus satu dan Anies-Muhaimin berada pada posisi kedua Ganjar-Mahfud di posisi ketiga. Artinya, berdasarkan analisa dan hasil rilis yang disampaian ke publik, mayoritas lembaga survei menyatakan Pilpres 2024 akan berlangsung 2 putaran,” katanya lewat keterangan yang diterima.

Baca juga : Singgung Gangguan Saat Kampanye, Anies: Kita Harus Hati-hati

LSI Strategi, imbuh Riko, juga melakukan survei pada akhir Desember  2023, LSI Strategi memprediksikan bahwa Pilpres 2024 akan berlangsung 2 putaran dengan hasil survei Anies-Muhaimin 26,7%, Prabwo-Gibran 45,3%, dan Ganjar-Mahfud 22,6% dengan jumlah responden 1.200 dan margin of eror 2,5%.

Riko menyampaikan, bahwa pada pagelaran debat pilpres terakhir menjelang hari H pemungutan suara akan ada pergerakan dukungan paslon yang memungkinkan angkanya bisa naik dan turun.

“Belum lagi undecided voters yang angkanya cenderung sedikit, namun mempunyai daya ungkit yang luar biasa, bisa jadi setelah menonton debat capres terakhir pada 4 Februari mendatang, jumlah undecided voters kian menipis dan angka dukungan paslon semakin terlihat atraktif,” tandasnya.

Baca juga : Sebentar lagi Jokowi Lengser

Riko menambahkan, ada baiknya bila suatu lembaga ingin merilis data  untuk dipublikasi di media, sebaiknya lembaga tersebut terlebih dahulu melaporkan kepada pihak ssosiasi.

Tujuannya agar bila ada keraguan lembaga yang bernaung dalam asosiasi tersebut dapat mempertanggungjawabkan hasil surveinya termasuk sumber pembiayaan.

“Menurut kami, jika hal ini dilakukan akan dapat menjawab tantangan tersebut, hal ini juga dapat menjaga kredibilitas lembaga yang melakukan rilis, serta hasilnya rilisnya dapat dipertanggung jawabkan secara publikm” katanya. (P-4)

Baca juga : 3 Capres Janji Hadir dalam Pendidikan Antikorupsi KPK

 

 

 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Polycarpus

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat