visitaaponce.com

Ganjar Seluruh Perangkat Negara harus Hadir Atasi Masalah PMI

Ganjar: Seluruh Perangkat Negara harus Hadir Atasi Masalah PMI
Capres nomor urut 3 Ganjar Pranowo(AFP)

Calon presiden (capres) nomor urut 3 Ganjar Pranowo mengatakan negara dengan segala perangkatnya harus hadir untuk menyelesaikan masalah-masalah yang dihadapi pekerja migran Indonesia (PMI). Ia menjabarkan perangkat-perangkat tersebut adalah duta besar Indonesia di luar negeri, Badan Pelindungan Pekerja Migran Indonesia (BP2MI), Kementerian Ketenagakerjaan, hingga pemerintah daerah. Mereka semua harus bisa menempuh berbagai langkah guna mencegah munculnya masalah saat PMI bekerja di negeri orang.

"Satu, mulai mereka berangkat, legalitasnya harus beres. Mulai mereka berangkat, kita harus sudah tahu skillnya apa. Mulai mereka berangkat, apa yang ada di kontrak kerja, harus kita pastikan. Ada lembaga yang harus melakukan kontrol," uajr Ganjar dalam debat capres di JCC Senayan, Jakarta, Minggu (4/2).

Ia mencontohkan pengalamannya yang pernah membebaskan beberapa pekerja yang bermasalah di Arab Saudi, Sudan, dan Kamboja karena terindikasi perdagangan orang. Ganjar yang semasa itu menjabat sebagai gubernur Jawa Tengah menelepon menteri luar negeri dan duta besar untuk mendiskusikan penyelesaian masalah.

Baca juga : Anies Baswedan: Bansos itu Manfaatnya untuk Penerima, bukan Pemberi

Terakhir, ia menekankan pentingnya penggunaan media sosial oleh para pejabat terkait untuk memudahkan masyarakat, utamanya PMI, mengadukan masalah secara cepat.

"Menggunakan banyak pintu-pintu untuk melaporkan adalah bagian cara cepat yang paling tepat untuk menangani kasus, tapi mencegah itu jauh lebih baik dengan sekali lagi, legalitas, keterampilan, kontrak, dan memberdayakan seluruh aparatur," tandasnya. (Ant/Z-11)

Baca juga : Terkait Pekerja Migran, Prabowo Sepakat dengan Anies dan Ganjar

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Andhika

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat