visitaaponce.com

Tahanan KPK Bakal Nyoblos Dimana sih

Tahanan KPK Bakal Nyoblos Dimana sih?
Tahanan KPK tetap memilih di Pemilu 2024, 14 Februari mendatang(Dok. Antara)

KOMISI Pemberantasan Korupsi (KPK) bakal memberikan fasilitas pencoblosan untuk para tahanan. Mereka akan menggunakan hak pilihnya di dua tempat pemungutan suara (TPS) di dalam rumah tahanan (rutan).

“Yaitu di Rutan KPK pada Gedung Merah Putih untuk para tahanan yang berada di Gedung Merah Putih KPK, Gedung Pusat Edukasi Antikorupsi, dan Rutan Pomdam Jaya Guntur, kemudian TPS kedua berlokasi di Rutan Pospomal,” kata juru bicara bidang penindakan KPK Ali Fikri di Gedung Merah Putih KPK, Jakarta Selatan, Rabu, 7 Februari 2024.

Kepala Bagian Pemberitaan KPK itu menjelaskan ada 75 tahanan yang akan memberikan suaranya pada 14 Februari 2024. Mereka tercatat sebagai daftar pemilih tetap (DPT) per Juni 2023.

Pengambilan suara dilakukan mulai pukul 07.00 WIB sampai dengan 13.00 WIB. KPK juga bekerja sama dengan petugas KPPS untuk melancarkan pencoblosan.

“Anggota KPPS berjumlah tujuh orang yang berasal dari warga sekitar, dan petugas rutan,” ujar Ali.

Pencoblosan itu diadakan untuk menjamin hak dasar para tahanan. Mereka semua dibebaskan memilih siapapun calon berdasarkan hati nuraninya.

“Tahanan sebagai warga negara berhak untuk memilih dalam pemilihan umum berdasarkan persamaan hak melalui pemungutan suara yang langsung, umum, bebas, rahasia, jujur dan adil sesuai dengan ketentuan peraturan yang berlaku,” tutur Ali. (Z-10)



Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Gana Buana

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat