visitaaponce.com

Survei 44,8 Persen Pemilih yang Galau Berpotensi Pilih Anies Baswedan-Cak Imin

Survei: 44,8 Persen Pemilih yang Galau Berpotensi Pilih Anies Baswedan-Cak Imin
Direktur Eksekutif Poltracking Indonesia Hanta Yuda dalam rilis survei secara daring, Jumat, 9 Februari 2024(Dok. Medcom)

SEBANYAK 5,6% responden survei Poltracking Indonesia mengaku tidak tahu atau tidak menjawab soal pilihan calon presiden dan calon wakil presiden di Pilpres 2024. Mayoritas jumlah tersebut diprediksi memilih pasangan calon nomor urut 1 Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar alias Cak Imin (Amin).

"Dari 5,6% itu terdistribusi ke Anies-Muhaimin 44,8%," kata Direktur Eksekutif Poltracking Indonesia Hanta Yuda dalam rilis survei secara daring, Jumat, 9 Februari 2024.

Hanta mengatakan 41,4% lainnya diramal akan memilih paslon nomor urut 3 Ganjar Pranowo-Mahfud MD. Sedangkan hanya 13,8% responden tersisa yang diprediksi memilih paslon nomor urut 2 Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka.

Baca juga : Survei: Elektabilitas Anies Baswedan-Cak Imin di DKI Jakarta Mencapai 58,1 Persen

"Jadi karena tinggal 5,6% lebih banyak ke Anies dan Ganjar," papar dia.

Sementara itu, Direktur Riset Poltracking Indonesia Arya Budi menjelaskan angka itu didapat menggunakan model prediktif yang lazim dipakai dalam survei-survei. Model tersebut digunakan untuk memprediksi arah pilihan dari undecided voters menggunakan model klasifikasi random forest.

"Kita ini meng-nol-kan responden yang menjawab tidak tahu atau tidak jawab," jelas dia.

Baca juga : Pecah Rekor, 3,5 Juta Orang Berebut Tiket Online Kampanye Akbar Anies Baswedan-Cak Imin di JIS

Metode tersebut menggunakan variabel-variabel yang memiliki nilai korelasi yang lebih besar dari 0,1 terhadap variable of interest. Contoh variabelnya, yakni provinsi, suku, pendidikan, pilihan partai politik, hingga evaluasi kinerja Presiden Joko Widodo.

Survei Poltracking Indonesia dilakukan pada 27 Januari hingga 2 Februari 2024. Responden survei mencapai 1.220 orang yang telah memiliki hak pilih atau berusia di atas 17 tahun.

Penarikan sampel dilakukan dengan metode multistage random sampling dan wawancara tatap muka. Margin of error sekitar ± 2,9% pada tingkat kepercayaan 95%.

Baca juga : Timnas AMIN Optimis Anies Baswedan-Cak Imin Masuk Putaran Kedua Pilpres 2024

(Z-9)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Putri Rosmalia

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat