visitaaponce.com

Bawaslu Copot Baliho Kampanye Mulai Besok

Bawaslu Copot Baliho Kampanye Mulai Besok
Bawaslu akan segera copot APK(MI/Ramdani)

TAHAPAN kampanye Pemilu 2024 memasuki masa akhir pada hari ini, Sabtu (10/2) setelah berjalan selama 75 hari. Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) pun bakal segera menurunkan alat peraga kampanye seperti baliho, spanduk, maupun bendera peserta pemilu, baik partai politik maupun kandidat calon presiden dan calon wakil presiden karena memasuki masa tenang jelang hari pemungutan suara pada Rabu (14/2).

Anggota Bawaslu RI Puadi mengatakan, berdasarkan Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) Nomor 15/2023 berkaitan tentang kampanye, masa tenang Pemilu 2024 jatuh pada 11-13 Februari 2024. Dalam masa tenang itu, peserta pemilu dilarang melakukan kegiatan kampanye, termasuk sosialisasi, silaturahmi, pentas seni, kegiatan keagamaan, dan sebagainya.

"Sehingga segala bentuk kampanye seperti pemasangan alat peraga kampanye dan penyebaran bahan kampanye harus dihentikan dan dibersihkan oleh peserta pemilu," terang Puadi, Sabtu (10/2).

Baca juga : Bawaslu Ingatkan Masa Tenang Merupakan Titik Kritis

Untuk kepentingan tersebut, ia menerangkan bahwa Bawaslu sudah memberikan arahan kepada jajaran pengawas pemilu untuk memberikan imbauan penurunan dan pembersihan alat peraga serta bahan kampanye. Jika sampai Minggu (11/2) tidak diturunkan atau dibersihkan, penertiban oleh pihak berwenang pun bakal dilakukan.

"Pengawas pemilu akan melakukan koordinasi dengan pihak KPU, Satpol PP, dan kepolisian di wilayah kerja masing-masing dalam rangka penertiban alat peraga kampanye," terangnya.

Senada, anggota Bawaslu RI lainnya, Lolly Suhenty juga menegaskan pihaknya telah bekerja sama dengan sejumlah elemen, termasuk KPU, Satpol PP, dan partai politik untuk penertiban alat peraga kampanye jelang masa tenang. Ia mengatakan penurunan alat peraga kampanye mulai dilakukan malam ini.

Baca juga : Bawaslu Copot Paksa Baliho Besar Ganjar-Mahfud di Boyolali 

"Dini hari. 10 (Februari) malam jelang pergantin hari," tandas Lolly. (Z-10)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Gana Buana

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat