visitaaponce.com

3 Capres Diundang, Hanya Anies Baswedan yang Hadiri Langsung Deklarasi Kemerdekaan Pers

3 Capres Diundang, Hanya Anies Baswedan yang Hadiri Langsung Deklarasi Kemerdekaan Pers
Anies Baswedan (tengah)(Dok. Medcom)

CALON presiden (capres) nomor urut 01 Anies Baswedan menjadi satu-satunya kandidat presiden dan wakil presiden yang datang secara langsung dalam acara seremonial ini. Sejatinya, 3 capres yakni Anies Baswedan, Prabowo Subianto, dan Ganjar Pranowo diundang menghadiri Deklarasi Kemerdekaan Pers di Gedung Dewan Pers, kawasan Jakarta Pusat pada Sabtu (10/2).

Anies mengungkapkan kritik yang dilontarkan kepada pemerintah masih diperlukan. Apalagi kritikan itu berasal dari salah satu pilar demokrasi, yakni pers.

Karena itu Anies mengatakan pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar (Amin) berkomitmen dan bersedia menandatangani komitmen capres-cawapres tentang kemerdekaan pers yang diselenggarakan oleh Dewan Pers.

Baca juga : Cak Imin Pastikan tak Ada Batasan Kritik bila Amin Menang Pilpres 2024

“Konstitusi kita mengatakan bahwa tujuan kita mendirikan republik adalah mencerdaskan kehidupan bangsa, dan dalam mencerdaskan kehidupan bangsa ruang dialog harus ada. Ketika kami di pemerintahan membuat kebijakan A, kemudian ada kritik atas kebijakan tersebut maka sesungguhnya ini adalah public education,” kata Anies dalam Deklarasi dan Penandatanganan Komitmen Capres-Cawapres tentang Kemerdekaan Pers, Sabtu (10/2).

Dengan deklarasi ini, Dewan Pers ingin memastikan komitmen kuat untuk menjaga kemerdekaan pers.

Anies juga menyinggung terkait rujukan masyarakat ketika ingin memperoleh informasi yang valid. Menurut Anies, saat ini banyak misinformasi di media sosial yang membuat masyarakat bingung ketika mendapat berita. Sebab, seringkali media juga terjebak dalam misinformasi tersebut.

Baca juga : Ijtima Ulama Babel Deklarasi Dukungan Ke Anies-Muhaimin

“Di sisi lain, kompetisi atas kecepatan itu luar biasa ketat. Sehingga ketika berita muncul, malah publik tanya ke pemerintah, yang benar yang mana? Ini jadi PR juga yang harus dikerjakan. Kami berkomitmen untuk memajukan, menjaga sistem, tetapi ada PR juga yang harus kita kerjakan. Sehingga kita bisa bangun ekosistem yang sehat untuk mencerdaskan kehidupan bangsa dan membangun suasana ekosistem pers yang baik, menjaga demokrasi kita,” pungkasnya.

Pemandu acara mengatakan pasangan calon Ganjar Pranowo - Mahfud MD mengikuti ini melalui sambungan telekonferensi zoom. Berdasarkan informasi, belum ada konfirmasi dari paslon Prabowo Subianto - Gibran Rakabuming Raka sampai pukul 19.45 WIB. Sedangkan acara dimulai pada 19.00 WIB. (Z-7)

Baca juga : Keluarga Besar HMI Deklarasi Dukungan ke Anies-Muhaimin

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat