visitaaponce.com

Pers Berperan Kawal Transisi Kepemimpinan di Pemilu 2024

Pers Berperan Kawal Transisi Kepemimpinan di Pemilu 2024
Ilustrasi(Dok MI)

PERAN pers sangat dibutuhkan untuk mengawal transisi kepemimpinan dan menjaga keutuhan bangsa pada pesta demokrasi Pemilu 2024. Ketua Umum Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Pusat, Hendry Ch Bangun menilai bahwa transisi kepemimpinan ini merupakan agenda rutin 5 tahunan bukan agenda mati-matian.

"Transisi ini harus dianggap sebagai peristiwa rutin, bukan perseteruan mati-matian, karena setiap kontestan adalah calon yang sudah melalui seleksi. Pers harus mengedukasi masyarakat soal hakikat dari Pemilu, mengajak berpartisipasi, dan ikut mengawasi agar pemilu berlangsung luber jurdil (langsung, umum, bebas, rahasia, jujur dan adil)," kata Hendry saat dihubungi, Senin (12/2).

Pada hari pers 9 Februari lalu mengusung tema 'Mengawal Transisi Kepemimpinan Nasional dan Menjaga Keutuhan Bangsa' karena peran pers saat ini untuk menjaga keutuhan bangsa, pemberitaan di media apabila tidak dikelola maka dapat menciptakan konflik, baik horizontal maupun vertikal.

Baca juga : Dewan Pers Dorong Profesionalisme Jurnalis Kawal Pemilu 2024

Oleh karena itu, menurutnya media khususnya pimpinan media, harus punya kesadaran untuk aktif menjaga agar berita tidak provokatif, mengipas. Kritik, kontrol sosial, normal saja tetapi agar dijaga berada di koridor etika jurnalistik.

"Saat ini pers dapat dikatakan, bebas, berani memberitakan apa pun. Pada umumnya lembaga sudah memahami kemerdekaan pers, begitu pun publik, walau di sana-sini ada saja kasus. Itu normal," ujar dia.

Selain itu, ia berharap pers terus meningkatkan kompetensi agar pelanggaran kode etik berkurang dan komplain masyarakat berkurang dan kualitas karya jurnalistik meningkat.

Baca juga : Forum Pemred dan Dewan Pers Sepakat Gelar Konsolidasi Percepatan Publisher Rights

"Apalagi media sosial semakin menggerus posisi media massa sebagai penyedia informasi," pungkasnya. (Z-4)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Zubaedah Hanum

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat