visitaaponce.com

Sikapi Quick Count, Kubu 01 03 Punya Dua Pilihan

Sikapi Quick Count, Kubu 01 & 03 Punya Dua Pilihan
Hasil quick count(Dok.MI)

HASIL quick count atau hitung cepat Pemilu 2024 lintas lembaga menunjukkan bahwa pasangan calon (paslon) nomor 2 Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka, unggul hingga 59%, melampaui Paslon Nomor 1 Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar sekitar 25% dan Paslon nomor 3 Ganjar Pranowo- Mahfud MD pada kisaran 16%. Angka itu menegaskan bahwa Pilpres 2024 hanya berjalan satu putaran.

Dosen Ilmu Politik & International Studies Universitas Paramadina Ahmad Khoirul Umam mengatakan menghadapi situasi itu kubu Paslon 01 dan Paslon 03 hanya punya dua pilihan, yaitu menerima dengan legowo hasil Pilpres yang selama ini diyakini diwarnai kecurangan, ataukah bersikap tegas melakukan perlawanan.

"Jika kedua kubu melakukan perlawanan di jalur konstitusional, apakah mereka masih yakin dan percaya dengan komposisi majelis hakim dan kelembagaan Mahkamah Konstitusi (MK)," ujar Umam, Rabu (14/2).

Baca juga : Kadin Tunggu Hasil Resmi Pilpres 2024 dari KPU

Sebaliknya, ujar Umam, jika kubu 01 dan 03 akhirnya juga tidak percaya pada kredibilitas MK, Umam mempertanyakan apakah partai-partai pendukung kubu 01 dan 03 siap berhadap-hadapan dengan kekuasaan baru hingga memaksa mereka harus berpuasa dari kekuasaan.

"Partai-partai menengah-bawah tidak dididik untuk siap berhadap-hadapan dengan kekuasaan, atau bahkan berpuasa dari kekuasaan," ucapnya.

Menurutnya situasi tersebut membuka pertanyaan tentang kualitas dan masa depan demokrasi ke depan.

Baca juga : Tanggapi Quick Count Pilpres 2024, Jusuf Kalla: Kita Tunggu Hasil Resmi dari KPU

"Akankah nilai-nilai dan pilar-pilar demokrasi yang mengharuskan check and balances masih bisa diwujudkan? Ataukah pilar-pilar itu akan semakin hilang oleh orkestrasi kekuatan politik yang berbasis kepentingan sesaat?," tukas Umam yang juga Direktur Eksekutif Indo Strategic itu. (Ind/Z-7)

 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat