visitaaponce.com

Dewan Adat Papua Tengah Ingatkan Jatah Kursi DPR dan DPD untuk Orang Asli Papua

Dewan Adat Papua Tengah Ingatkan Jatah Kursi DPR dan DPD untuk Orang Asli Papua
Ketua Dewan Adat Papua Tengah Wolter Belau(Dok)

KETUA Dewan Adat Papua Tengah Wolter Belau mengingatkan penyelenggara Pemilu untuk memberikan prioritas pada putra atau putri asli Papua khususnya Wilayah Adat Meepago dalam penentuan kursi DPR RI dan DPD RI dari Dapil Papua Tengah. Diketahui Papua Tengah memiliki jatah 3 kursi untuk DPR RI dan 4 kursi untuk DPD RI.

"Kami mengingatkan KPU agar memberi prioritas pada Putra Asli Papua untuk posisi kursi DPR RI dari Papua Tengah dan juga DPD RI. Bagaimana pun agenda pemekaran itu salah satunya adalah amanat untuk mengedepankan kepentingan Orang Asli Papua termasuk juga dalam bidang politik," ungkap Belau dalam keterangannya kepada wartawan, Senin (19/2).

Dikatakan Belau, Pemilihan 2024 ini adalah pemilihan pertama kali untuk daerah pemekaran baru Provinsi Papua Tengah. Lebih dari itu, sesuai semangat UU Otsus dan tujuan pemekaran daerah, salah satunya adalah memberi kesempatan dan prioritas utama pada Anak Asli Papua untuk duduk pada jabatan publik termasuk DPR RI dan DPD RI. Apalagi kata dia, Provinsi Papua Tengah membutuhkan putra asli terbaik dari daerah untuk menyampaikan aspirasi masyarakat di tingkat nasional.

Baca juga : DPR, DPD dan Pemerintah Setujui Pembentukan 3 Provinsi Baru di Papua

"Dan mereka adalah putra terbaik asli Papua yang mampu menyuarakan kepentingan rakyat Papua Tengah. Lagipula mereka yang lebih paham apa yang menjadi harapan dan aspirasi masyarakat ketimbang saudara-saudara dari luar Papua," jelasnya.

Dia mengingatkan pada proses perhitungan suara saat ini dan daerah lain yang akan melakukan pemilihan susulan aspirasi kelompok adat ini harus jadi perhatian.

"Dengan memberikan prioritas bagi putra asli Papua maka di situ keberpihakan negara benar-benar ada. Dan mereka mampu untuk bisa berbicara di level nasional melalui DPR RI maupun DPD RI" pungkas Belau. (Z-8)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Putra Ananda

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat