visitaaponce.com

Survei 19,5 Publik tidak Percaya Pilpres Berlangsung Satu Putaran

Survei: 19,5% Publik tidak Percaya Pilpres Berlangsung Satu Putaran
Surat suara Pilpres 2024 yang sudah tercoblos untuk pasangan nomor urut 1(MI/Ramdani)

LEMBAGA Survei Indonesia (LSI) mencatat sebanyak 19,5 persen publik tidak percaya bahwa Pilpres 2024 akan berlangsung satu putaran.

"Yang tidak percaya mencapai (nyaris) 20 persen bahwa pemilu itu berlangsung satu putaran," kata Direktur Eksekutif LSI Djayadi Hanan dalam Rilis Survei Nasional Persepsi Publik Terhadap Pelaksanaan Pemilu 2024, Minggu (25/2).

Djayadi mengatakan sebanyak 75,1 persen responden menyatakan percaya bahwa Pilpres 2024 akan berlangsung satu putaran. Lalu, 5,4 persen responden menjawab tidak tahu.

Baca juga : Soal Pilpres Satu Putaran, Cak Imin: Saya Gak Yakin

Sementara berdasarkan komposisi pemilih, pendukung Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar lebih banyak yang tak percaya pilpres satu putaran, totalnya mencapai 51,9 persen. Sedangkan yang meyakini satu putaran sejumlah 14,7 persen.

Pemilih Ganjar Pranowo dan Mahfud MD juga lebih banyak menyatakan pilpres tak satu putaran, jumlahnya yakni 30,8 persen. Sementara yang yakin satu putaran hanya 13,7 persen.

Kemudian, pemilih Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka meyakini pilpres hanya satu putaran dengan perolehan 71,6 persen. Sedangkan, yang mengatakan berlangsung dua putaran 17,3 persen.

Baca juga : Ini Syarat Pilpres Bisa 1 Putaran

"Jadi sekitar 80 persen adalah pemilih 01 dan 03 yang tak percaya pemilu satu putaran," jelas Djayadi.

LSI melakukan jajak pendapat pada 19-21 Februari 2024. Survei dilakukan terhadap 1.211 responden.

Pemilihan responden dilakukan dengan metode random digit dialing (RDD) atau teknik memilih sampel melalui proses pembangkitan nomor telepon secara acak. Margin of error dari survei ini lebih kurang 2,9 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen. (MGN/Z-5)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Ghani Nurcahyadi

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat