visitaaponce.com

Satu Pemilih di London Bawa Pulang Surat Suara Untuk Kenang-kenangan

Satu Pemilih di London Bawa Pulang Surat Suara Untuk Kenang-kenangan
Pemilih membuka surat suara pemilu legislatif(MI/Ramdani)

RAPAT pleno terbuka rekapitulasi hasil penghitungan perolehan suara tingkat nasional Pemilu 2024 di Kantor KPU RI mengungkap cerita lucu yang dilakukan pemilih pada Panitia Pemilihan Luar Negeri (PPLN) London

Ketua PPLN London Deni Kurniawan mengungkap, ada salah satu pemilih yang membawa pulang surat suara.

Itu diketahui setelah PPLN London menghitung surat suara dalam kotak suara yang telah dicoblos. Kejadian tersebut terjadi di TPS 01 London dengan angka perbedaan jumlah pemilih yang mencoblos dan jumlah surat yang digunakan.

Baca juga : Surat Suara Pemilu Direndam di Jeddah, Ini Kata Bawaslu

Menurut Deni, pemilih itu awalnya menolak saat diberikan surat suara Pemilu DPR RI daerah pemilihan DKI Jakarta II yang meliputi Jakarta Pusat, Jakarta Selatan, dan Luar Negeri. 

"Yang (surat suara) DPR dikembalikan karena merasa bukan warga DKI Jakarta, jadi surat suara DPR tidak digunakan," terangnya, Kamis (29/2).

Deni menjelaskan, saat penghitungan surat suara, pihaknya menemukan perbedaan antara surat suara yang digunakan dan jumlah surat suara yang dinyatakan sah atau tidak sah, yakni 1.162 dan 1.161. Sebab, satu pemilih tidak memasukkan surat suara ke kotak suara.

Baca juga : KPU-Bawaslu Telusuri Dugaan Pencoblosan Surat Suara di Malaysia

"Jadi surat suara yang sudah diberikan KPSLN itu tidak dicoblos di dalam bilik, dikantongin. Yang dimasukkan ke dalam kotak hanya (surat suara) presiden saja, DPR-nya tidak," kata Deni.

Menanggapi hal itu, Ketua KPU RI Hasyim Asy'ari yang memimpin rapat pleno rekapitulasi tingkat nasional menimpali dengan seloroh bahwa surat suara DPR itu dibawa pemilih untuk kenang-kenangan.

"Buat kenang-kenangan," ujarnya.

Di PPLN London sendiri, pasangan calon presiden dan wakil presiden nomor urut 1 Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar mengalahkan pasangan nomor urut 2 dan nomor 3, yakni Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming dan Ganjar Pranowo-Mahfud Md.

Anies-Muhaimin memperoleh 1.527 suara, sedangkan Prabowo-Gibran dan Ganjar-Mahfud masing-masing mendapatkan 748 dan 1.400 suara. (Z-5)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Ghani Nurcahyadi

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat