visitaaponce.com

Surat Suara Pemilu Direndam di Jeddah, Ini Kata Bawaslu

Surat Suara Pemilu Direndam di Jeddah, Ini Kata Bawaslu
Ilustrasi(Antara)

Anggota Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Lolly Suhenty mengatakan pihaknya sedang menangani kasus dugaan pelanggaran terkait surat suara direndam di Jeddah, Arab Saudi. Proses penelusuran masih berlanjut dan ia meminta masyarakat sabar menunggu hasilnya.

"Sedang dalam penanganan Panitia Pengawas Pemilu Luar Negeri di Jeddah. Dugaannya adalah dugaan pelanggaran administrasi. Sekarang ini sedang berproses semua. Kita tunggu karena itu kewenangan Panwaslu LN," kata Lolly di Jakarta, Selasa (13/2).

Lolly enggan berkomentar terkait isu kesepakatan antara pengurus partai setempat dan Panitia Pemilihan Luar Negeri (PPLN) Jeddah untuk merendam sisa surat suara.

Baca juga : Bawaslu: Surat Suara yang Sudah Tercoblos Harus Dihentikan Penyebarannya

"Jangan katanya-katanya. Itu yang sedang diklarifikasi oleh Bawaslu. Jadi, yang masih buram-buram itulah yang dicari titik terangnya. Saat ini sedang berproses. Jadi kita no comment dulu sama info yang katanya-katanya," ucap Lolly.

Sebelumnya, Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Hasyim Asy'ari mengatakan pemusnahan surat suara melalui cara direndam tidak sesuai dengan aturan yang berlaku.

"Itu tidak sesuai aturan," ujar Hasyim.

Baca juga : KPU-Bawaslu Telusuri Dugaan Pencoblosan Surat Suara di Malaysia

Dia pun sudah mengonfirmasi kepada PPLN Jeddah, Arab Saudi. Dari konfirmasi itu, diketahui bahwa para petugas setempat sepakat untuk memusnahkan dengan cara merendam karena surat suara kelebihan dan tidak terpakai.

"Nah, ternyata ada pembicaraan antara PPLN Jeddah dan pengurus partai di sana, disepakati bahwa untuk menghindari penyalahgunaan direndam saja, dimusnahkan. Jadi, itu atas kesepakatan partai-partai di sana," jelasnya. (Z-11)

Baca juga : KPU Akui Ada Perusakan Kotak dan Surat Suara di Paniai

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Andhika

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat