visitaaponce.com

NasDem KPK Seharusnya Cegah Pelanggaran Bansos Sejak Awal

NasDem: KPK Seharusnya Cegah Pelanggaran Bansos Sejak Awal
POLITISI NasDem, Irma Suryani Chaniago.(Dok. MI/Susanto)

POLITISI NasDem, Irma Suryani Chaniago, menilai pengaruh bantuan sosial (bansos) memang sangat berpengaruh terhadap hasil pemilihan umum (pemilu) atau pemilihan kepala daerah (pilkada). Hal itu menanggapi hasil kajian Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) soal pengaruh bantuan sosial dalam menarik minat masyarakat terhadap calon tertentu.

"Bantuan sosial pengaruhnya memang cukup signifikan untuk pilpres dan pilkada, mengingat bansos sifatnya berkala. Ini bukan hanya untuk kasus Pilpres sekarang, saat Pilkada juga itu juga berpengaruh," kata Irma saat dihubungi, Rabu (20/3).

Kendati demikian, anggota Komisi IX DPR RI itu mengkritik soal pernyataan KPK yang baru disampaikan di ujung tahapan pemilu 2024. Lembaga Antirasuah itu, kata Irma, harusnya bergerak sejak awal adanya indikasi pelanggaran pemilu ketika bansos dibagikan selama tahapan kampanye.

Baca juga : NasDem Masuk Tiga Besar Peraih Suara Tertinggi Pileg DPR RI di Provinsi Papua

"Kerja KPK kan buka hanya penindakan, tapi ada pencegahan. Harusnya ketika ada indikasi itu KPK panggil dong itu Menteri Sosial, Menteri Keuangannya. Saya rasa ini harus jadi pembelajaran untuk semua termasuk partai politik," kata Irma.

Sebelumnya, kajian yang dibuat KPK menyebutkan masyarakat lebih cenderung memilih calon yang memberikannya uang atau barang. KPK harap pemerintah daerah bisa membenahi trik curang menjadikan bansos sebagai strategi kampanye.

(Z-9)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Putri Rosmalia

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat