visitaaponce.com

Menteri PUPR Presiden Terpilih Dilantik di IKN

Menteri PUPR: Presiden Terpilih Dilantik di IKN
Presiden terpilih akan dilantik di IKN(Antara)

MENTERI Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mengungkapkan bahwa presiden terpilih akan diambil sumpahnya di Ibu Kota Nusantara (IKN). Meskipun begitu, sejumlah kegiatan kenegaraan lain masih direncanakan di Jakarta.

"Rencananya, pelantikan presiden akan berlangsung di sana," ujar Basuki di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, pada hari Selasa, 2 April 2024.

Perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-79 Republik Indonesia juga dijadwalkan untuk diselenggarakan di IKN. Namun, pidato kenegaraan akan tetap dilaksanakan di Jakarta.

Baca juga : Pembahasan RUU DKJ Dinilai Tergesa-gesa dan Tidak Melibatkan Publik

"Pada tanggal 17 Agustus, rencananya akan dilaksanakan di sana, tetapi pidato kenegaraan kemungkinan masih akan dilakukan di sini. Upacara peringatan 17 Agustus direncanakan akan diadakan di sana. Semoga pelantikan presiden akan dilakukan di sana. Begitulah rencananya," terang Basuki.

Sebelumnya, Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) telah mengesahkan RUU DKJ menjadi undang-undang. Pengesahan ini dilakukan pada Rapat Paripurna ke-14 Masa Persidangan IV Tahun 2023-2024.

Pengesahan tersebut dilakukan dengan cepat karena Undang-Undang Nomor 29 Tahun 2007 tentang DKI Jakarta sebagai ibu kota negara telah kehilangan statusnya pada 15 Februari 2024. Hal ini terjadi karena dampak dari keberlakuan UU Ibu Kota Negara. (Z-10)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Gana Buana

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat