visitaaponce.com

PDIP Umumkan Nama Calon Gubernur untuk Pilkada DKI Jakarta pada Mei

PDIP Umumkan Nama Calon Gubernur untuk Pilkada DKI Jakarta pada Mei
Ilustrasi(MI)

Sekretaris Dewan Pimpinan Daerah (DPD) PDIP DKI Jakarta, Pantas Nainggolan, mengatakan pihaknya akan mengumumkan kader untuk Calon Gubernur (Cagub) Pilkada 2024 pada Mei mendatang. Itu disebtu sebagai waktu yang tepat lantaran pada Mei sudah memasuki pemenuhan syarat pendaftaran untuk calon perseorangan.

"Mungkin bulan depan, Mei ini menjadi waktu yang sangat tepat untuk bisa bagi semua partai untuk mengumumkan jagoan-jagoan termasuk PDI Perjuangan. Kita lihat prosesnya nanti kan sudah mulai berjalan," ujar Pantas kepada awak media, Jumat (25/4).

Terkait kandidat nama yang akan diusung, Pantas mengatakan kemungkinan besar kandidat akan diambil dari kader internal partai. Adapun saat ini, PDIP masih melakukan penyelesaian internal. Setelah itu akan ada tahapan-tahapan seperti tes psikotes dan kepemimpinan yang harus dilewati para kandidat.

Baca juga : Peluang Jokowi Merapat Ke Golkar Usai tak Dianggap di PDIP, Ahmad Doli: Kita tak Mau Geer

"Untuk yang utama pasti kader yang menjadi prioritas. Namun, sekali lagi kan itu yang perlu dilihat, elektabilitas juga menjadi sangat penting. Namun, ada nilai-nilai dasar yang perlu diketahui," jelasnya.

Bersamaan dengan penjaringan kandidat cagub, nantinya PDIP DKI akan menjajaki peluang koalisi dengan partai lain. Sebab, jumlah kursi di DPRD yang dimiliki PDIP pada periode 2024-2029, tidak memungkinkan untuk mengusung cagub dari satu partai.

"Mau tidak mau harus bekerjasama dengan partai lain untuk mengusung paslon di Pilkada DKI Jakarta nanti," tandasnya. (Z-11)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Andhika

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat