visitaaponce.com

Legislator Sebut Profesionalisme Petugas Haji Penting dalam Kesuksesan Penyelenggaraan Ibadah Haji

Legislator Sebut Profesionalisme Petugas Haji Penting dalam Kesuksesan Penyelenggaraan Ibadah Haji
Jemaah haji kloter pertama berangkat ke tanah suci(MI/Denny Susanto Ainan)

ANGGOTA Komisi VIII DPR RI Ina Ammania menekankan, kesuksesan penyelenggaraan ibadah haji, salah satunya, tergantung pada tingkat profesionalisme, kesungguhan, dan dedikasi para petugas haji.

"Ini penting untuk diingat bahwa peran utama petugas haji adalah memastikan kesuksesan penyelenggaraan ibadah haji," ungkap Ina seperti dikutip dari Antara, Senin (13/5).

Ina juga menyatakan bahwa kinerja pemerintah dalam penyelenggaraan ibadah haji sangat bergantung pada kinerja para petugas haji.

Baca juga : 149 Kloter Haji Telah Tiba di Tanah Air hingga 12 Juli 2023

Dia juga mendukung langkah-langkah mitigasi yang diambil oleh Kementerian Agama untuk mendukung penyelenggaraan ibadah haji yang ramah bagi jamaah lanjut usia (lansia). Langkah-langkah tersebut mencakup skrining kesehatan sebagai syarat pelunasan, memberikan kesempatan pelunasan bagi pendamping jamaah haji lansia pada tahap pelunasan kedua, menyediakan fasilitas ramah lansia dari dalam negeri hingga Arab Saudi, menyajikan makanan khusus bagi jamaah haji lansia, dan menyediakan petugas khusus untuk mereka.

Kementerian Agama telah menyiapkan lima strategi untuk mendukung penyelenggaraan ibadah haji tahun 1445 Hijriah/2024 Masehi yang ramah terhadap jamaah lansia. Salah satunya adalah melakukan skrining kesehatan sebagai syarat pelunasan.

Menurut Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas, strategi kedua adalah memberikan kesempatan pelunasan bagi pendamping jamaah haji lansia pada tahap pelunasan kedua. Selain itu, akan disediakan fasilitas ramah lansia sejak di dalam negeri hingga Arab Saudi, sajian khusus bagi jamaah haji lansia, dan petugas khusus untuk mereka.

Sebelumnya, Staf Khusus Menteri Agama, Wibowo Prasetyo, juga menyoroti pentingnya penyelenggaraan haji yang ramah terhadap jamaah lansia karena jumlah mereka yang signifikan, yaitu sekitar 40 ribu dari total 241.000 jamaah pada tahun 2024. (Z-10)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Gana Buana

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat