visitaaponce.com

Pansel Capim KPK Harus Berintegritas dan Bebas dari Kepentingan Pribadi

Pansel Capim KPK Harus Berintegritas dan Bebas dari Kepentingan Pribadi
Peneliti Pukat UGM Zaenur Rohman, menekankan pentingnya integritas dan kemandirian dari Pansel Capim KPK(MI/Susanto)

PANITIA Seleksi (Pansel) Calon Pimpinan (Capim) Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) diharapkan diisi figur berintegritas, sehingga menghasilkan menghasilkan figur pimpinan KPK yang berkualitas. 

"Kalau pansel capim KPK-nya itu tidak berintegritas, punya cacat etik, ya jangan harap nanti pimpinan KPK yang terpilih akan akan integritas," kata peneliti dari Pusat Kajian Antikorupsi Universitas Gadjah Mada (Pukat UGM) Zaenur Rohman, Selasa (14/5).

Zaenur mengatakan sosok pansel juga harus bebas dari kepentingan pribadi. Mereka perlu mendengar dan mempertimbangkan suara publik.

Baca juga : Pansel Calon Pimpinan KPK Diminta Tak Atur Jatah Kuota dari Polisi dan Kejaksaan

"Jangan mentang-mentang mereka pansel memiliki sumber informasi dari alat negara kemudian mereka melaju sendiri. Justru alat-alat negara itulah yang justru harus diwaspadai oleh pansel. Karena semua itu punya kepentingan terhadap KPK," ucap Zaenur.

Zaenur berharap capim KPK didominasi unsur masyarakat guna memastikan independensi Lembaga Antikorupsi tersebut.

Baca juga : Presiden Diminta Bentuk Tim Independen Selamatkan Integritas KPK

"Capim KPK itu seharusnya didominasi unsur masyarakat bukan unsur pemerintah gitu ya, itu untuk menjamin independensi, bahwa sehingga KPK-nya nanti bisa independen," ujar Zaenur.

Koordinator Staf Khusus Presiden Ari Dwipayana memastikan pemerintah akan segera membentuk pansel capim KPK. Anggota pansel capim KPK ada sembilan orang.

"Adapun keanggotaan pansel tersebut akan berjumlah sembilan orang yang terdiri dari lima orang dari unsur pemerintah dan empat orang dari unsur masyarakat yang akan ditetapkan melalui Keputusan Presiden," kata Ari melalui keterangan tertulis, Kamis, 9 Mei 2024. (Z-3)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Thalatie Yani

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat