visitaaponce.com

JK Sebut Lebih Baik Energi Lebih daripada Kurang untuk Jaga Investor

JK Sebut Lebih Baik Energi Lebih daripada Kurang untuk Jaga Investor
Mantan Wakil Presiden Jusuf Kalla mengatakan lebih baik kelebihan pasokan energi ketimbang kekurangan.(Medcom/Candra)

WAKIL Presiden ke-10 dan ke-12 RI Jusuf Kalla (JK) mengungkapkan lebih baik kelebihan pasokan energi ketimbang kekurangan di suatu negara. Analogi itu disampikan JK saat hadir sebagai saksi meringankan dalam dalam persidangan dugaan korupsi pengadaan liquefied natural gas (LNG). 

“Jadi memang energi itu lebih baik lebih daripada kurang, sama dengan beras, lebih baik lebih daripada kurang,” kata Kalla di Pengadilan Tipikor pada Pengadilan Negeri Jakarta Pusat, Kamis (16/5).

Kalla menjelaskan energi bersifat seperti pangan. Masyarakat bisa menderita, jika energi di Indonesia tidak mencukupi untuk kebutuhan sehari-hari.

Baca juga : JK Tiba di  Pengadilan Tipikor pada PN Jakpus

Selain itu, investor juga bisa kabur jika energi di Indonesia kurang. Apalagi, kata Kalla, negara menjanjikan kecukupan jumlah energi saat mengajak pebisnis berinvestasi.

“Karena energi itu sekali saya ingin ulangi, bahwa ini ayam dan telur, kita undang investor asing ke sini dengan jaminan ada energi. Kalau investor tidak punya, kemudian tidak ada energi, mereka hilang semua di Indonesia ini,” ujar Kalla.

Kalla menjadi saksi meringankan dalam kasus ini. Dia dibawa oleh kubu Karen.

Dalam kasus ini, Karen didakwa melakukan pembelian LNG tidak sesuai dengan prosedur yang berlaku. Akibat ulahnya, negara merugi USD113.839.186,60.

Dalam kasus ini, Karen disangkakan melanggar Pasal 2 ayat (1) Jo. Pasal 18 Undang-Undang Nomor 31 Tahun 1999 Tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi sebagaimana diubah dengan Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2001 Tentang Perubahan atas Undang-Undang Nomor 31 Tahun 1999 Tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi Jo. Pasal 55 ayat (1) ke-1 KUHP Jo. Pasal 64 ayat (1) KUHP. (Z-3) 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Thalatie Yani

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat