visitaaponce.com

KPK Harap Anggota Pansel Tak Bawa Kepentingan Tertentu

KPK Harap Anggota Pansel Tak Bawa Kepentingan Tertentu
Juru bicara KPK Ali Fikri(Antara)

KOMISI Pemberantasan Korupsi (KPK) mengapresiasi Presiden Joko Widodo (Jokowi) atas penunjukkan anggota panitia seleksi (pansel) calon pimpinannya (capim). Mereka yang terpilih diharap tidak membawa kepentingan tertentu.

“Kami berharap para pansel terpilih dapat bekerja secara optimal dan independen dengan melepas kepentingan-kepentingan lain, selain kepentingan pemberantasan korupsi yang efektif ke depannya,” kata juru bicara bidang penindakan KPK Ali Fikri melalui keterangan tertulis, Kamis, (30/5). 

Kepala Bagian Pemberitaan KPK itu meyakini seluruh anggota terpilih memiliki kompetensi yang baik dan memahami problematika pemberantasan korupsi di Indonesia. Para juri dinilai bisa mencari sosok terbaik yang dibutuhkan Lembaga Antirasuah.

Baca juga : Aturan Batas Minimal Usia Capim KPK Dinggap Batasi Keterlibatan Anak Muda

“Termasuk kebutuhan penguatan regulasi ataupun kelembagaannya, agar fungsi-fungsi pemberantasan korupsi bisa lebih berdampak nyata bagi masyarakat,” ujar Ali.

KPK berharap anggota pansel terpilih tidak anti kritik. Semua masukan yang datang diharap dipertimbangkan untuk menentukan calon pimpinan yang terbaik.

“Dengan demikian, Pansel nantinya akan melahirkan calon-calon Pimpinan dan Dewas KPK yang punya rekam jejak dan komitmen tinggi terhadap pemberantasan korupsi, berintegritas, bebas dari konflik kepentingan, dan profesional dalam melaksanakan tugas-tugas pemberantasan korupsi,” ucap Ali.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) meneken surat keputusan penetapan panitia seleksi calon komisioner dan dewan pengawas KPK periode 2024-2029. Panitia seleksi (pansel) terdiri dari sembilan orang.

"Pansel KPK sudah saya tandatangani kemarin, sebelum berangkat (ke Sumatra Selatan), sudah saya tandatangani," kata Jokowi. (Z-8)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Putra Ananda

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat