visitaaponce.com

17 Mercy dan 3 Lamborghini Eks Bupati Kukar Disita KPK

17 Mercy dan 3 Lamborghini Eks Bupati Kukar Disita KPK
Mantan Bupati Kutai Kartanegara Rita Widyasari usai menjalani pemeriksaan di Gedung KPK, Jakarta, Senin (2/12/2019).(MI/ADAM DWI)

KOMISI Pemberantasan Korupsi (KPK) membeberkan data kendaraan mantan Bupati Kutai Kartanegara (Kukar) Rita Widyasari yang sudah disita. Namun, informasi ini hanya sementara karena penelusuran aset masih dilakukan.

“Ini data sementara hasil penyitaan kendaraan di perkara RW (Rita Widyasari),” kata Juru Bicara KPK Tessa Mahardhika Sugiarto melalui keterangan tertulis, Minggu (9/6).

Tessa menjelaskan ada 60 mobil Rita yang sudah disita KPK. Paling banyak yang diambil sementara yakni Mercedes-Benz dengan total 17 unit.

Baca juga : 104 Kendaraan, Tanah, dan Uang Miliaran Disita KPK Terkait Gratifikasi dan TPPU Eks Bupati Kukar Rita Widyasari

Lalu, KPK juga menyita tiga mobil BMW, dua mini cooper, satu Hummer, satu Ferrari, dua Jeep Wrangler, tiga Lamborghini, dan satu McLaren. Tessa enggan memerinci semua jenis mobil untuk menjaga kerahasiaan proses penyidikan.

Sementara itu, sebanyak 31 motor mewah milik Rita sudah disita KPK. Paling banyak berjenis Haroen Davidson dengan total 14 unit.

Lalu, ada juga tiga motor BMW, dan dua Ducati yang disita penyidik. KPK tidak mau menjelaskan semua jenisnya untuk menjaga kerahasiaan penyidikan.

Baca juga : KPK Lelang Barang Milik Mantan Wali Kota Bekasi

Semua kendaraan itu diyakini berkaitan dengan dugaan penerimaan gratifikasi dan pencucian uang Rita. KPK masih berupaya menyelesaikan perkara itu.

Dalam perkembangan kasus ini, KPK rumah pengusaha batu bara Said Amin di Samarinda pada Kamis, 6 Juni 2024. Lembaga Antirasuah memastikan upaya paksa itu bukan penangkapan seperti infromasi yang beredar di wilayah tersebut.

“Iya (digeledah), kemarin kayaknya,” kata Wakil Ketua KPK Alexander Marwata melalui keterangan tertulis, Jumat, 7 Juni 2024.

Alex menyebut ada sejumlah mobil yang dibawa penyidik dari kediaman Said yang juta ketua Pemuda Pancasila Kalimantan Timur (Kalitim) itu. Namun, jenis kendaraannya tidak dirinci.

“Ada belasan mobil yang disita,” ujar Alex. (Z-6)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Budi Ernanto

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat