visitaaponce.com

Tips Jitu Kelola Uang THR untuk Investasi

Tips Jitu Kelola Uang THR untuk Investasi
Menginvestasikan sebagian dari uang THR bisa membuat keuangan Anda lebih sehat. Namun, penting untuk melakukan investasi dengan bijak.(Freepik)

TIDAK Ingin uang tunjangan hari raya (THR) anda habis begitu saja? Coba investasikan sebagian dari uang tersebut agar membuat keuangan anda makin sehat. 

Meski begitu, jangan salah melakukan investasi ya. Community Lead Indo Premier Sekuritas (IPOT) Angga Septianus mengatakan untuk mengelola investasi tersebut diperlukan diversifikasi. Diversifikasi investasi ialah prinsip menginvestasikan uang di berbagai aset atau instrumen keuangan untuk mengurangi risiko.

"Serta, dapat meningkatkan peluang mendapatkan hasil yang stabil dalam jangka panjang,” ujar Angga dalam keterangan resmi, Rabu (27/3).

Baca juga : Ini Tips Menghabiskan THR dengan Bijak

Diversifikasi, lanjutnya, tidak boleh dilakukan secara sembarangan. Setiap individu memiliki profil risiko yang berbeda-beda tergantung pada toleransi risiko dan tujuan investasi masing-masing.

Angga menyebut reksa dana bisa menjadi pilihan investasi yang cocok untuk diversifikasi, karena memungkinkan investor memilih jenis reksa dana yang sesuai dengan profil risiko dan tujuan investasi.

Angga menerangkan bagi investor yang memiliki profil risiko yang cenderung menghindari risiko (risk averse) dapat mengalokasikan sebagian dari uang THR mereka ke dalam berbagai jenis reksa dana. Semisal sebanyak 70% dapat dialokasikan ke dalam reksa dana pasar uang (RDPU), 20% ke dalam reksa dana pendapatan tetap (RDPT) dan 10% ke dalam reksa dana saham atau reksa dana indeks (RDS).

Baca juga : 5 Tips Memulai Investasi di Bulan Ramadan

Berikutnya, untuk investor dengan profil konservatif, alokasi aset THR dapat dibagi dengan mayoritasnya sebanyak 60% dialokasikan ke dalam reksa dana pasar uang, 30% ke dalam reksa dana pendapatan tetap dan 10% ke dalam reksa dana saham atau reksa dana indeks.

Bagi investor dengan profil agresif, alokasi aset THR dapat dibagi dengan mengalokasikan 30% ke reksa dana pasar uang, 30% ke reksa dana pendapatan tetap, dan 40% ke reksa dana saham atau reksa dana indeks.

“Berapa pun uang THR yang bisa diinvestasikan, profil risiko sangat penting diperhatikan agar tujuan investasi tercapai,” pungkas Angga. (Z-3)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Thalatie Yani

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat