visitaaponce.com

Jelang Lebaran Polda Kalimantan Selatan Antisipasi Kelangkaan BBM

Jelang Lebaran Polda Kalimantan Selatan Antisipasi Kelangkaan BBM
Kapolda Kalimantan Selatan mengantisipasi kelangkaan BBM saat arus mudik lebaran 2024.(Antara)

KEPOLISIAN Daerah (Polda) Kalimantan Selatan akan meningkatkan pengamanan transportasi dan antisipasi kelangkaan Bahan Bakar Minyak (BBM), guna kelancaran arus mudik jelang lebaran Idul Fitri 1445 hijriah.

Hal ini terungkap dalam Rapat Koordinasi Lintas Sektoral Operasi Ketupat Intan 2024 dalam rangka Kesiapan Pengamanan Idul Fitri 1445 H, yang digelar Polda Kalsel, beberapa waktu lalu. Rakor dipimpin langsung Kapolda Kalsel Irjen Winarto dan dihadiri perwakilan Forkopimda Provinsi Kalsel.

"Rakor bertujuan membahas strategi serta langkah-langkah konkret yang akan diambil untuk mengoptimalkan Operasi Ketupat Intan guna mencegah dan menangani potensi gangguan Kamtibmas," ungkap Winarto.

Baca juga : Polda Lampung Kawal Pemudik Sepeda Motor

Selain itu juga memetakan kerawanan-kerawanan yang harus diantisipasi di antaranya sarana transportasi, kelangkaan BBM, kenaikan bahan pokok, termasuk pengamanan objek wisata dan lonjakan pengunjung di tempat wisata.

Kapolda menekankan, pentingnya koordinasi antar instansi dalam menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat selama libur panjang Lebaran. Operasi Ketupat Intan merupakan langkah antisipasi dari Polda Kalsel untuk memastikan situasi keamanan tetap terjaga selama masa liburan.

Staf Ahli Bidang Ekonomi dan Pembangunan Provinsi Kalsel, Agus Dian Nur, Kamis (4/4) mengatakan ada keunikan terkait penyambutan dan perayaan Idul fitri di Indonesia, terutama tradisi masyarakat mudik atau pulang ke kampung halaman.

Tradisi yang perlu menjadi perharian pemerintah dan instansi terkait guna memberikan keamanan dan kelancaran kepada masyarakat. Saat ini arus mudik dari dan ke Kalsel mulai meningkat, baik melalui jalur transportasi darat, laut, dan udara. (Z-3)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Thalatie Yani

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat