visitaaponce.com

Polda Lampung Kawal Pemudik Sepeda Motor

Polda Lampung Kawal Pemudik Sepeda Motor
Polda Lampung akan mengawal pemudik sepeda motor dari Pelabuhan Bakauheni, Lampung Selatan, untuk menjaga keamanan arus mudik.(MI/Cri Canon)

POLDA Lampung menegaskan siap mengawal pemudik yang menggunakan sepeda motor dari Pelabuhan Bakauheni, Lampung Selatan, untuk menjaga keamanan dan kelancaran arus mudik jelang Hari Raya. 

Pola pengamanan akan dilakukan secara estafet hingga mencapai perbatasan wilayah polresta/polres. 

Pengawalan pemudik sepeda motor dilakukan pada 4 -16 April 2024, saat dimulainya Operasi Ketupat Krakatau 2024.

Baca juga : Antisipasi Arus Mudik, Polda Lampung Siapkan Buffer Zone

Kabid Humas Polda Lampung, Kombes Umi Fadillah Astutik mengatakan pengawalan tersebut sebagai bagian dari strategi keamanan dalam menghadapi lonjakan pemudik.

"Kami siap mengawal para pemudik yang menggunakan sepeda motor dari Pelabuhan Bakauheni menuju tujuan akhir mereka. Ini merupakan langkah preventif untuk memastikan keamanan dan ketertiban selama periode arus mudik," ungkap Kombes Umi Fadillah Astutik saat dihubungi, Selasa (26/3).

Umi  menjelaskan pengawalan dilakukan pukul 19.00 WIB hingga  05.00.

Baca juga : Polda Lampung Ungkap Dua Jaringan Narkoba

Teknis pengawalan dilakukan dengan cara pemudik bakal dikumpulkan dalam satu tempat yang disediakan petugas. Setelah berjumlah minimal 30 sepeda motor, pengawalan sudah bisa dilakukan.

"Awalnya, setelah turun dari kapal kita kumpulkan di titik 0 km jalan arteri Pelabuhan Bakauheni, setelah itu sepeda motor kita akan mulai kawal perjalanan selanjutnya," terangnya 

Pola pengamanan yang dilakukan secara estafet merupakan upaya koordinasi yang baik, antara berbagai satuan di wilayah Lampung guna memastikan setiap pemudik dapat sampai ke tujuan mereka dengan aman dan lancar. 

Baca juga : Polda Lampung Ungkap Jaringan Narkoba Dengan Barang Bukti Seberat 38,19 Kg

"Dari Pelabuhan Bakauheni akan dikawal oleh Sat PJR Polres Lampung Selatan sampai ke perbatasan wilayah dan selanjutnya akan dikawal oleh anggota Satlantas dari Polres masing- masing" ungkap Kabid Humas.

Kesiapan Polda Lampung dalam mengawal pemudik dengan sepeda motor, menjadi satu dari beberapa strategi yang diterapkan untuk menghadapi arus mudik yang diprediksi meningkat jelang Hari Raya. 

Dengan adanya pengawalan ini, diharapkan dapat meminimalkan risiko kecelakaan dan memastikan setiap pemudik dapat merayakan Hari Raya dengan selamat bersama keluarga mereka. (Z-3) 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Thalatie Yani

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat