visitaaponce.com

Polisi 75 Ribu Orang Mudik Lebaran Menggunakan Kapal Laut Hari Ini

Polisi: 75 Ribu Orang Mudik Lebaran Menggunakan Kapal Laut Hari Ini
Pergerakan pemudik menaiki KM Dobonsolo di Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta, 5 April 2024.(Dok. MI/Usman Iskandar)

PERGERAKAN arus mudik kapal laut sudah mulai terlihat pada pekan terakhir Ramadan 2024. Tercatat, sebanyak 75 ribu orang mudik menggunakan kapal laut hari ini, Sabtu, 6 April 2024.

Juru bicara Polri, Kombes Iroth Lauren Recky mengatakan, jumlah itu merupakan data kumulatif kapal penyeberangan di Pelabuhan Merak-Bakauheni dan Ketapang-Gilimanuk.

"Kapal yang beroperasi sebanyak 626 perjalanan, jumlah penumpang 75.284 orang," kata Iroth dalam keterangannya, Sabtu (6/4).

Baca juga : Pemudik Mulai Padati Pelabuhan Bakauheni

Ia mengatakan, terdapat sejumlah penumpang yang membawa kendaraannya untuk mudik. Dalam catatan penyeberangan, ada juga bus penumpang dan kendaraan besar yang turut menyeberang hari ini.

"Kendaraan bermotor roda dua 4.357 unit, kendaraan bermotor roda empat 10.037 unit, bus 1.540 unit, truk 2.401 unit," tuturnya.

Iroth mengimbau masyarakat agar memastikan kondisi fisik dan kendaraannya sebelum melakukan perjalanan mudik. Dia juga meminta pemudik beristirahat jika kelelahan dalam perjalanan.

"Manfaatkan rest area seefektif mungkin untuk beristirahat dan pastikan saldo uang elektronik mencukupi. Untuk para pemudik yang akan ataupun sedang melakukan perjalanan mudik, dapat mengakses aplikasi Google Maps untuk mendapatkan informasi mengenai arus lalu lintas," ujarnya.

(Z-9)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Putri Rosmalia

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat