visitaaponce.com

Aboubakar Cetak Gol Kelima di Piala Afrika Saat Kamerun Ditahan Cape Verde

Aboubakar Cetak Gol Kelima di Piala Afrika Saat Kamerun Ditahan Cape Verde
Penyerang Kamerun Vincent Aboubakar melakukan selebrasi usai mencetak gol ke gawang Cape Verde di laga Piala Afrika.(AFP/KENZO TRIBOUILLARD )

KAPTEN Kamerun Vincent Aboubakar mencetak gol kelimanya di ajang Piala Afrika dalam laga yang berakhir imbang 1-1 melawan Cape Verde, Senin (17/1) malam.

Penyerang yang bermain di Arab Saudi dan pada Sabtu (22/1) akan berulang tahun ke-30 membawa Kamerun memimpin sebelum pemain pengganti Garry Rodrigues membuat Cape Verde menyamakan kedudukan di laga di Yaounde itu.

"Kami berhasil menjadi juara grup, yang merupakan target kami. Meski kami berharap bisa memenangkan semua pertandingan," ujar pelatih Kamerun Toni Conceicao.

Baca juga : Pelatih Afrika Selatan, Hugo Broos, Tegaskan Keberhasilan Timnya di Piala Afrika

"Kami memiliki banyak peluang. Kami seharusnya bisa lebih baik lagi," lanjutnya.

Aboubakar menjadi pemain Kamerun pertama yang selalu mencetak gol di semua laga penyisihan grup Piala Afrika setelah Samuel Eto'o melakukan hal itu pada Piala Afrika 2008 di Ghana.

Kini, Aboubakar memimpin daftar pencetak gol terbanyak unggul jauh dari rival-rivalnya Karl Toko-Ekambi (Kamerun), Wahbi Khazri (Tunisia), Ibrahima Kone (Mali), dan Frank Mhango (Mali), yang masing-masing baru mencetak dua gol.

Baca juga : Heroik, Ronwen Williams Antar Afrika Selatan ke Semifinal AFCON Melalui Drama Penalti

Rekor gol terbanyak di Piala Afrika dipegang oleh Ndaye Mulamba yang mencetak sembilan gol untuk Zaire (kini Republik Demokrasi Kongo), 48 tahun lalu.

Sementara itu, Burkina Faso menyusul Kamerun lolos ke babak 16 besar Piala Afrika dari Grup A setelah bermain imbang 1-1 dengan Ethiopia.

Cyrille Bayala membawa Burkina Faso memimpin namun Ethiopia menyamakan kedudukan lewat eksekusi penalti Getaneh Kebede.

Baca juga : Kamerun Tersingkir dari Piala Afrika, Andre Onana Langsung Pulang ke Manchester United

Kamerun lolos sebagai juara grup dengan raihan tujuh poin. Burkina Faso lolos dengan keunggulan head to head atas Cape Verde saat kedua tim sama-sama mengantongi empat poin. Ethiopia menjadi juru kunci dengan raihan satu poin.

Cape Verde, kini, menunggu apakah mereka bisa lolos ke babak 16 besar sebagai salah satu dari empat tim peringkat ketiga terbaik dari enam grup yang ada.

Kamerun akan memainkan laga 16 besar di Yaounde melawan salah satu tim peringkat tiga pada 24 Januari, sehari setelah Burkina Faso berhadapan dengan runner-up Grup C di Limbe.

Jika Cape Verde melaju ke babak 16 besar, mereka akan bertemu dengan juara Grup B atau juara Grup C pada 25 Januari. (AFP/OL-1)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat