visitaaponce.com

Heroik, Ronwen Williams Antar Afrika Selatan ke Semifinal AFCON Melalui Drama Penalti

Heroik, Ronwen Williams Antar Afrika Selatan ke Semifinal AFCON Melalui Drama Penalti
Penjaga gawang dan kapten, Ronwen Williams, menjadi pahlawan saat Afrika Selatan mencapai semifinal Piala AFCON mengalahkan Cape Verde(AFP)

PENJAGA gawang dan kapten Ronwen Williams menjadi pahlawan dengan empat penyelamatan dalam adu penalti saat Afrika Selatan mengalahkan Cape Verde 2-1 melalui tendangan penalti untuk mencapai semifinal Piala Negara-Negara Afrika (AFCON) pada Sabtu, setelah bermain imbang 0-0 dalam pertandingan perempat final.

Williams telah melakukan penyelamatan penting pada akhir waktu normal. Pertandingan berlanjut ke adu penalti setelah berakhir 0-0 selama 120 menit di Yamoussoukro.

Dalam penampilan yang luar biasa, Williams menggagalkan penalti dari Bebe, Willy Semedo, Laros Duarte, dan Patrick Andrade, sementara Afrika Selatan sendiri gagal mengonversi dua penalti. Mereka melaju ke babak empat besar dan akan menghadapi Nigeria pada hari Rabu.

Baca juga : Penalti Larut Antar Cape Verde ke Perempat Final Piala Afrika

Ini adalah kali pertama Afrika Selatan mencapai semifinal AFCON sejak masa kejayaan mereka pada 1996, ketika mereka menjadi tuan rumah dan memenangkan gelar tersebut.

Sementara itu, Cape Verde pulang setelah menjalani kampanye di mana mereka memenangkan pertandingan eliminasi Piala Negara-Negara untuk pertama kalinya, meskipun penampilan buruk mereka dalam adu penalti menjadi penyesalan setelah mendominasi peluang selama pertandingan.

Pelatih berpengalaman Belgia Afrika Selatan, Hugo Broos, mengandalkan pemain dari tim Mamelodi Sundowns yang mendominasi kompetisi klub domestik. Bafana Bafana, yang baru saja meraih kemenangan mengejutkan atas Maroko di 16 besar, tidak mengubah susunan pemain inti mereka.

Baca juga : Tanpa Salah, Mesir Lolos ke Babak 16 Piala Afrika

Stadion Charles Konan Banny hampir kosong pada awal pertandingan, tetapi penggemar mulai membanjiri stadion seiring berjalannya waktu.

Pertandingan berlangsung tanpa gol hingga setelah satu jam, dan kesempatan terbaik jatuh kepada Cape Verde. Rodrigues gagal memanfaatkan peluang emas setelah Williams melakukan penyelamatan brilian.

Perpanjangan waktu tidak membawa gol, meskipun Cape Verde hampir memenangkan pertandingan ketika tembakan Benchimol menghantam mistar gawang.

Baca juga : Bebe Bersinar Saat Bela Cape Verde di Piala Afrika

Adu penalti menjadi penentu, dan penampilan gemilang Williams membawa kemenangan bagi Afrika Selatan. (AFP/Z-3)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Thalatie Yani

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat