visitaaponce.com

Hattrick Ramos Bawa Portugal Lumat Swiss di 16 Besar Piala Dunia 2022

Hattrick Ramos Bawa Portugal Lumat Swiss di 16 Besar Piala Dunia 2022
Penyerang Portugal Goncalo Ramos melakukan selebrasi saat mencetak gol ketiganya ke gawang Swiss di laga Piala Dunia 2022.(AFP/Jewel SAMAD)

GONCALO Ramos membuktikan bahwa keputusan Fernando Santos untuk membangkucadangkan Cristiano Ronaldo tepat setelah mencetak hattrick di debutnya sebagai starter di timnas Portugal kala Selecao das Quinas menang 6-1 atas Swiss, Rabu (7/12) dini hari WIB, untuk melaju ke perempat final Piala Dunia 2022.

Penyerang berusia 21 tahun yang menjadi starter menggantikan posisi Ronaldo sukses menjadi pemain termuda yang mencetak tiga gol di laga sistem gugur Piala Dunia sejak Pele pada 1958.

Pepe, Raphael Guerreiro, dan Rafael Leao mencetak gol Portugal lainnya saat mereka dipastikan bertemu Maroko di babak perempat final Piala Dunia 2022, Sabtu (10/12).

Baca juga : Ramos Mengaku tidak Pernah Bermimpi Cetak Hattrick di Piala Dunia

Ronaldo, satu-satunya pemain yang sukses mencetak gol di lima perhelatan Piala Dunia, dibangkucadangkan oleh Santos di laga melawan Swiss sebagai tanggapan setelah penyerang yang saat ini tidak memiliki klub itu marah saat ditarik keluar di laga pamungkas grup melawan Korea Selatan (Korsel).

Keputusan Santos itu sangat berani mengingat dia mengistirahatkan pemain dengan pengalaman bermain di 118 laga untuk memberi kesempatan menjjadi starter bagi Ramos, yang baru bermain selama 33 menit di tiga penampilannya bersama timnas Portugal.

Namun, Ramos hanya butuh 17 menit untuk membalas kepercayaan Santos dan melakukan apa yang selama ini tidak bisa dilakukan Ronaldo, mencetak gol di babak sistem gugur Piala Dunia.

Baca juga : Yakin Akui Portugal Terlalu Kuat

Gol itu diawali oleh umpan apik Joao Felix kepada Ramos, yang kemudian melewati Fabian Schaer dan melepaskan bola yang mengejutkan Yann Sommer dan bersarang di gawang Swiss.

Otavio, yang kembali ke lapangan tengah Portugal setelah mengalami cedera di laga pembuka Piala Dunia 2022, melepaskan tendangan yang bisa dijinakkan Sommer.

Xherdan Shaqiri melepaskan tendangan bebas yang sukses dihentikan Diogo Costa sebelum Portugal menggandakan keunggulan mereka.

Baca juga : Yakin Tegaskan tidak Fokus untuk Cetak Sejarah Bersama Swiss

Bek berusia 39 tahun Pepe menjebol gawang Swiss setelah menerima sepak pojok Bruno Fernandes.

Remo Freuler kemudian sempat mengancam gawang Portugal namun sundulannya disapu oleh Diogo Dalot setelah Costa salah mengantisipasi umpan silang di depan gawangnya.

Skor 2-0 bertahan hingga jeda.

Baca juga : Lawan Maroko, Ronaldo Cadangan Lagi

Ramos kemudian mencetak gol keduanya, enam menit setelah babak kedua bergulir, memanfaatkan umpan silang Dalot.

Ramos kemudian memberikan assist kepada Guerreiro, empat menit kemudian, setelah benteng pertahnan Swiss hancur berantakan.

Namun, Ramos juga bertanggung jawab untuk gol Swiss ketika dia, dalam upaya mengamankan sepak pojok, malahan membuat bola mengarak ke Manuel Akanji yang menjebol gawang Portugal.

Baca juga : Preview Perempat Final Piala Dunia 2022: Portugal vs Maroko

Ramos kemudian melengkapi hattricknya memanfaatkan kerja keras Felix sebelum mengecoh Sommer.

Ramos kemudian ditarik keluar untuk digantikan oleh Ronaldo.

Masuknya peraih lima trofi Ballon d'Or itu mendapatkan sambutan meriah dari pendukung Portugal. Mantan penyerang Manchester United itu sempat mencetak gol namun dianulir karena offside.

Leao kemudian membuat Portugal mengakhiri laga dengan kemenangan 6-1 setelah mencetak gol di masa injury time. (AFP/OL-1)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat